IKM Salurkan Ribuan Paket Sembako bagi Perantau Minang Terdampak Covid-19

iklan halaman depan

IKM Salurkan Ribuan Paket Sembako bagi Perantau Minang Terdampak Covid-19

Sabtu, 02 Mei 2020
Wakil Ketua Umum IKM, H. Refrizal memberi sambutan saat penyerahan secara simbolis bantuan sembako untuk perantau Minang terdampak covid-19. ist


Jakarta, Fajarsumbar.com-Pandemi virus korona atau covid-19 memberi dampak yang luas bagi orang Minang di perantauan. Ikatan Keluarga Minang sebagai wadah urang awak di perantauan tak tinggal diam. Dewan Pengurus Pusat IKM memberikan bantuan ribuan paket sembako bagi perantau Minang yang terdampak covid-19.

Penyaluran bantuan tahap kedua dilaksanakan secara simbolis, Sabtu (2/5) di Posko Solidaritas Covid-19 DPD IKM Jakarta Timur. Hadir dalam penyerahan bantuan Ketua DPP IKM Fadli Zon didampingi Wakil Ketua Umum DPP IKM, H. Refrizal.

Wakil Ketua Umum DPP IKM, H. Refrizal dalam sambutannya menyebutkan bantuan bagi perantau Minang yang terdampak covid-19 sudah dilaksanakan dua tahap. "Tahap pertama kita telah membagikan 1.000 paket sembako. Sekarang dibagikan lagi 1.000 paket," ujar Refrizal.

Pandemi covid-19 tak disangkal lagi telah memberi dampak bagi perantau Minang. Baik di Jabodetabek, maupun di daerah lain di Pulau Jawa maupun luar Jawa. Bahkan, berdampak pula bagi perantau Minang di luar negeri. Karena itu, IKM menggalang aksi kepedulian dengan membentuk posko solidaritas covid-19.

Perantau yang terdampak covid-19 menurut Refrizal dari berbagai kalangan, terutama mereka yang bekerja informal atau sebagai pedagang kaki lima. "Tahap awal kita membagikan sembako agar saudara kita ini bisa bertahan hidup hingga keadaan bisa kembali normal dan pandemi covid-19 berakhir," ujar Refrizal yang juga Ketua Umum PKDP ini.

Sebagai tokoh perantau, Refrizal bersama perantau lainnya terus menggalang aksi peduli terhadap mereka terdampak covid-19. Tak hanya di rantau, Refrizal juga menggalang aksi kepedulian untuk sanak-saudara di kampung halamannya, Padang Pariaman. Refrizal telah menyalurkan berton-ton beras bagi masyarakat Padang Pariaman yang terdampak covid-19. (arr)