India Capai 100 Ribu Kasus Covid 19

iklan halaman depan

India Capai 100 Ribu Kasus Covid 19

Selasa, 19 Mei 2020

(covid 19)

New Delhi, fajarsumbar.com - Jumlah kasus virus corona tipe baru di India telah melampaui 101.261 pada Selasa (19/5/2020) pagi. Menurut data statistik corona dari laman Worldometers, India kini berada pada posisi ke-11 di dunia jumlah kasus terbanyak.

Sementara itu, jumlah kematian di India mencapai 3.156 jiwa. Angka kesembuhan di negara dengan penduduk terbanyak ketiga dunia itu juga terbilang tinggi mencapai 39.233.
 
Negara bagian Maharashtra adalah yang paling parah terkena dampak Covid-19 dengan catatan 35.058 kasus. Jumlah kasus Covid-19 di Wilayah Ibu Kota Nasional, yang meliputi ibu kota New Delhi dan daerah sekitarnya, telah mencapai 10.054. Di Jammu dan Kashmir yang dikelola India, jumlah kasus virus corona telah tercatat sebanyak 1.289, dengan 15 kematian karena virus tersebut.

Lockdown atau karantina wilayah secara nasional di India telah diperpanjang hingga akhir bulan. Pekan lalu, Perdana Menteri Narendra Modi telah menjanjikan paket stimulus untuk dampak corona senilai 266 miliar dolar AS atau setara 10 persen dari produk domestik bruto negara itu.

Hal itu tidak lain guna menghidupkan kembali perekonomian negara yang terpukul oleh salah satu kebijakan lockdown paling kejam di dunia. Namun, ekonom mengatakan nilai sebenarnya dari stimulus adalah antara 1,5 persen dan 1,8 persen dari PDB, jauh dari janji-janji Modi sebagaimana dikutip pada republika.co.id.

"Mereka telah cukup diperhitungkan dan cukup sinis dalam cara mereka melakukan hal ini," kata Shilan Shah dari Capital Economics dikutip Financial Times.
"Langkah-langkah aktual untuk meningkatkan permintaan sangat kecil. Itu tidak akan cukup untuk mencegah kontraksi pertumbuhan yang sangat, sangat tajam," kata dia menambahkan. (*)