Kejari Solsel Ingatkan, Hati-hati Gunakan Anggaran Covid-19

iklan halaman depan

Kejari Solsel Ingatkan, Hati-hati Gunakan Anggaran Covid-19

Minggu, 03 Mei 2020
Kejari Solok Selatan, M.Bardan.

Solsel, fajarsumbar.com
- Kepala Kejaksaan Negeri Solok Selatan, M. Bardan, mengingatkan para pihak terkait agar berhati-hati dalam menggunakan anggaran negara terkait penanganan Covid-19


"Kita ingatkan, agar siapapun yang menggunakan anggaran penanganan bencana termasuk penanganan covid ini agar lebih berhati-hati," tegas M. Bardan seusai mengikuti video conference dengan Kepala BNPB Pusat dan Gubernur Sumbar di aula Kantor Bupati Solsel, Sabtu (2/5/2020).

Ia meminta agar para penyelenggara tetap berpegang teguh kepada aturan, dan jangan sekali-kali menyimpang dari aturan, apalagi dana yang digunakan ini adalah dana dalam keadaan bencana. 

Menurutnya, jika ada oknum yg melakukan penyimpangan dana bencana yg dikucurkan baik pemda, pemprov dan pusat, maka ancaman pidananya telah diatur secara tegas dalam UU Tipikor dan peraturan lainnya.

Bardan yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Corona Solsel tersebut juga menegaskan bahwa, jajarannya juga siap mendukung proses pelaksaan barang dan jasa terkait penanganan Covid ini serta pendampingan lainnya. 

Hal ini dimaksudkan agar adanya kepastian hukum dalam proses yang dijalankan. Apalagi kegiatan-kegiatan penanganan harus dilakukan sesegera mungkin.

"Kita sudah siapkan tim untuk mendampingi Jajaran Kejaksaan dan khususnya dalam hal ini bidang Datun juga diinstruksikan 1 x 24 jam dalam pendampingan hukum kepada pemda dalam proses penanganan covid ini, termasuk kita siap melakukan pemantauan terhadap jalannya bantuan sosial ini, " tegasnya.

Ia berharap agar pelaksaan penanganan wabah ini dapat berjalan dengan baik. Ia juga meminta agar masyarakat dapat mematuhi berbagai protokol kesehatan pencegahan covid, sebagaimana yang disampaikan Kepala BNPB dalam vidcon tersebut, diantarannya untuk selalu menjaga jarak fisik, cuci tangan, serta selalu menggunakan masker. (Hendrivon)