Kemenag Gelar Sidang Isbat 22 Mei Tentukan Idul Fitri 2020

iklan halaman depan

Kemenag Gelar Sidang Isbat 22 Mei Tentukan Idul Fitri 2020

Sabtu, 16 Mei 2020

(ilustrasi)
Jakarta, fajarsumbar.com - Kementerian Agama (Kemenag) akan menggelar sidang Isbat penetapan awal bulan Syawal dan Hari Raya Idul Fitri 1441 Hijriah pada hari Jumat (22/5/2020). Sidang dilakukan secara terbatas karena pandemi virus corona (Covid-19).

Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah, Ditjen Bimas Islam Agus Salim mengatakan sidang isbat akan dipimpin langsung oleh Menteri Agama Fachrul Razi.
"Isbat awal Syawal digelar 22 Mei 2020. Sesuai protokol kesehatan, undangan untuk menghadiri sidang dibatasi hanya dihadiri Menag dan Wamenag, Majelis Ulama Indonesia, serta Komisi VIII DPR," kata Agus melalui keterangan tertulis, Sabtu (16/05/2020).
Agus menerangkan Kemenag mengundang para tokoh dari berbagai ormas Islam. Namun para tokoh kali ini diminta hadir secara virtual melalui aplikasi pertemuan daring.

Dia mengatakan sidang isbat akan ditayangkan sejak pukul 17.00 WIB melalui TVRI. Sidang juga akan disiarkan langsung lewat berbagai media sosial milik Kemenag.

Rencananya Kemenag akan mempertimbangkan penentuan Hari Raya Idul Fitri 1441 H menggunakan rukyatul hilal. Hilal akan dipantau di 80 titik yang tersebar di 34 provinsi sebagaimana dikutip pada cnnindonesia.com.
"Sesi pertama dimulai pukul 17.00 WIB, berupa pemaparan posisi hilal Awal Syawal 1441 H oleh anggota Falakiyah Kemenag Cecep Nurwendaya. Setelah Magrib, sidang Isbat dibuka Menteri Agama RI, dilanjutkan laporan data hisab dan rukyatul hilal" tutur Agus. (*)