Kesembuhan Pasien Covid-19, Dukungan Keluarga Sangat Penting

iklan halaman depan

Kesembuhan Pasien Covid-19, Dukungan Keluarga Sangat Penting

Senin, 18 Mei 2020
Suasana konferensi pers di Mentawai, Senin (18/5/2020).

Mentawai, fajarsumbar.com - Virus corona merupakan virus yang menyebabkan Covid-19 dan bisa disebut sebagai penyakit yang cukup mematikan. Namun dalam hal ini, penyakit Covid-19 juga bisa dengan mudah disembuhkan.

Hal itu dinyatakan Dokter Spesialis penyakit dalam Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Mentawai, Dr. Andry  Syahreza  pada konferensi pers (Konpers) terkait kesembuhan 8 ODP asal Dusun Pogari Desa Goiso' Oinan Kecamatan Sipora Utara di Aula Sekretariat Daerah Mentawai Senin, (18/5/2020).

Menurutnya obat pertama COVID-19 yakni dukungan dan semangat dari orang-orang terdekat. Dengan demikian hati tetap tenang dan imunitas tubuh pun meningkat.

"Kesembuhan dari covid-19 juga sangat penting  dukungan semangat dari keluarga dan orang terdekat," katanya.

Selain hati yang tenang, untuk meningkatkan imun tubuh, ia memberikan tips-tips lainnya dalam menghadapi Covid-19. 
Di antaranya  mengonsumsi makanan bergizi, melakukan pola hidup sehat, sering berolahraga, juga harus memiliki hati tenang tidak mudah stres.

Seperti diketahui, sebelumnya 8 ODP tersebut  merupakan pasien terpapar Covid-19, namun kini  telah dinyatakan pulih dan diperbolehkan kembali ke kampung halaman mereka. 
Namun demikian ke 8 ODP yang dinyatakan telah sembuh setelah melewati test swab dari laboratorium Diagnostik Fakultas Kedokteran Unand Padang harus tetap melakukan isolasi mandiri.

"Meski sudah dinyatakan sembuh, mereka tetap mengikuti aturan sesuai protokol kesehatan," pungkasnya. (PM)