Laporan Kehilangan Kendaraan Harus Disertakan Bukti Kepemilikan

iklan halaman depan

Laporan Kehilangan Kendaraan Harus Disertakan Bukti Kepemilikan

Sabtu, 23 Mei 2020
Kanit Reskrim Mapolsek Gunung Talang Ipda Irhas Murad, SH saat menerima laporan salah seorang masyarakat.

Solok, fajarsumbar.com - Di pertengahan bulan Januari 2020, Satu unit sepeda motor merek Honda Supra raib akibat aksi pencurian. Tepatnya di Jorong Tabek Pala Nagari Talang, disaat pemilik (Arif 31 thn) kendaraan tersebut sedang khusu' melakukan shalat Isya berjamah, di Mushalla Birrul Walidain.

Kali ini, korban pencurian kendaraan bermotor (Curanmor) tersebut menimpa Syafrizal (56 thn), warga Surau Pasir Jorong Simpang, Nagari Kotobaru Kecamatan Kubung, juga kehilangan sepeda motornya yang di parkir tidak jauh dari ladangnya, di Jorong Anau Kadok Nagari Talang Kecamatan Gn.Talang Kab.Solok, kemarin.

Sepeda motor merek Honda Beat keluaran tahun 2016, nomor polisi BA 3814 HT tersebut, diketahui pemiliknya sudah raib sekira pukul 14.00 Wib.

Ade (31 thn), adalah anak dari korban Curanmor tersebut, Kamis malam menyambangi Mapolsek Gn.Talang, untuk melaporkan kendaraan bapaknya yang hilang.

Di Mapolsek Gn.Talang, Kanit Reskrim Irhas Murad, SH membenarkan bahwa, sore tadi ada masyarakat yang datang melaporkan kehilangan sepeda motor miliknya.

"Tentu, kita pihak kepolisian siap menindak-lanjuti setiap laporan dari masyarakat," ujar Kanit Reskrim.

"Kita minta bapak Syafrizal dalam laporannya, membawa bukti-bukti kepemilikan sepeda motornya seperti, kunci motor, STNK, BPKB, atau bukti setoran terakhir apabila BPKB kendaraan tersebut di agunkan untuk pinjaman/gadai," jelas Kanit Reskrim.

"Membawa bukti kepemilikan kendaraan itu tidak hanya berlaku bagi bapak Syafrizal saja, juga untuk masyarakat lainnya yang akan membuat laporan kendaraannya yang hilang," ungkap Kanit Reskrim.

"Hal itu kita tekankan guna mengantisipasi terjadinya rekayasa pencurian, tentunya oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung-jawab," ungkap kanit Reskrim.

"Bukan berarti, kita menuduh bapak Syafrizal mengarah ke perbuatan itu," jelas Kanit Reskrim.

"Belakangan, ada masyarakat yang datang melaporkan kehilangan kendaraan, namun tidak dilengkapi dengan bukti kepemilikan kendaraan yang ia laporkan," jelas Kanit Reskrim.

"Sejauh hal itu belum dilengkapi, maka sementara waktu kita tunda dulu pencatatan laporannya," ungkap Kanit Reskrim Ipda Irhas.

"Kita tidak ingin, ada kendaraan yang sengaja dihilangkan dengan dalih dicuri" sambung Kanit Reskrim.

"Jangan sampai nantinya, malah kita ikutan membantu tindak kejahatan," ungkap Kanit Reskrim.

"Kita sampaikan kepada bapak Syafrizal maupun masyarakat pada umumnya, dalam menyampaikan laporan kehilangan agar membawa bukti-bukti kepemilikan kendaraan tersebut," jelas Kanit Reskrim.

"Intinya, kita siap menerima dan menindak-lanjuti setiap laporan masyarakat, karena memang tugas kepolisian itu adalah melayani dan mengayomi masyarakat," pungkas Kanit Reskrim Mapolsek Gn.Talang Ipda Irhas Murad, SH.(nr)