Legenda Pohon Durian Berusia 200 Tahun

iklan halaman depan

Legenda Pohon Durian Berusia 200 Tahun

Rabu, 20 Mei 2020
Pohon durian berusia 200 tahun



Pati, fajarsumbar.com  - Durian adalah nama tumbuhan tropis yang beasal dari wilayah Asia Tenggara. Durian diambil dari ciri khas kulit yang keras dan berkeluk-keluk tajam, sehingga mempunyai sebutan Rajanya Buah (king of fruit). Desa Jrahi Kecamatan  Gunungwungkal  merupakan salah  satu desa penghasil buah durian di Kabupaten Pati Jateng.

Durian yang melegenda didesa Jrahi sendiri adalah durian milik Bapak Saikun, warga Dukuh Ngelorahpentu Desa Jrahi. Dimana satu pohon durian legenda ini sudah ada 200 tahun yang lalu. Durian Terbesar didesa Jrahi mempunyai ukuran pohon berdiameter satu setengah meter dengan ketinggian pohon kurang lebih 50 meter.

.


Pohon durian lokal ini menghasilkan buah yang langka dan beda karena mempunyai  buahnya yang bisa duduk/papak, Legit ke pahit-pahitan dan mempunyai kulit ari yang tipis berwarna keemasan.

Saikun menyebut durian miliknya dengan nama Durian Mbah Kun dan dari banyaknya jenis durian di Desa Jrahi, Durian lokal miliknyalah yang saat ini masih menjadi durian unggulan dan buruan para penikmat durian.

“Durian mbah kun sendiri dijual kiloan dengan omset kurang lebih 40Jt per musim dengan harga di kisaran 100.000 - 300.000 per buah dengan berat 2-5kg,” Ujar Saikun.

Pembeli durian lokal mbah kun ini tak hanya dari daerah lokal Pati saja, tetapi juga dari luar daerah yang penasaran dengan durian lokal desa Jrahi ini, apalagi  setelah durian ini viral di media massa, sehingga banyak warga dari luar daerah juga kepingin mencicipi nikmatnya durian ini.
(m@s/pn)