Liga Inggris Siap Gelar Latihan, Pemain Wajib Pakai Masker

iklan halaman depan

Liga Inggris Siap Gelar Latihan, Pemain Wajib Pakai Masker

Jumat, 01 Mei 2020
(ilustrasi)

Jakarta, fajarsumbar.com - Liga Inggris akan mengizinkan klub-klub untuk menggelar latihan, namun harus menjalani prosedur yang akan diatur. Salah satunya adalah wajib mengenakan masker saat latihan.
Pihak operator dikabarkan sudah menyiapkan draf prosedur latihan bagi klub-klub selama darurat virus corona (covid-19) kepada pemerintah Kerajaan Inggris.
Rancangan proposal itu rencananya akan dibahas dalam pertemuan operator dan klub-klub pada Jumat (1/5/2020) mendatang.
Setidaknya ada belasan poin dalam draf prosedur latihan selama darurat virus corona. Poin pertama mewajibkan seluruh perlengkapan latihan disemprot disinfektan sebelum sesi latihan digelar.
Poin berikutnya adalah mewajibkan semua pemain dan yang terlibat dalam latihan mengenakan penutup wajah atau masker.
Selain itu, dalam proposal tersebut juga tercantum agar klub mewajibkan tes covid-19 terhadap para pemain, jajaran pelatih, dan staf-staf klub dua kali dalam sepekan.
Serangkaian tes tersebut akan dibayarkan oleh operator Liga Inggris dan sumber-sumber pribadi sehingga tidak menggunakan sumber dana dari pemerintah.
Draf prosedur latihan tersebut telah disusun oleh penasihat medis Premier League, Mark Gillet. Poin-poin tersebut dibuat berdasarkan konsultasi dengan liga-liga Eropa, termasuk Liga Spanyol dan Liga Jerman.

Meski prosedur tersebut masih dalam status draf, sejumlah klub di Liga Inggris sudah memulai latihan perdana di tengah pandemi virus corona sebagaimana dikutip pada cnnindonesia.com.
Klub asal London, Arsenal, menjadi yang pertama menggelar latihan pada 27 April. Satu per satu pemain diwajibkan datang sendiri tidak dalam rombongan ke tempat latihan. (*)