Menag: Arab Saudi Sudah Mulai Persiapan Haji

iklan halaman depan

Menag: Arab Saudi Sudah Mulai Persiapan Haji

Rabu, 20 Mei 2020
(Menag Fachrul Razi)
Jakarta, fajarsumbar.com - Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi meyebut pemerintah Arab Saudi mulai melakukan persiapan untuk penyelenggaraan ibadah haji 2020. Hal ini yang membuat pemberangkatan haji ditunda.

Persiapan sudah terpantau sejak Sabtu (17/5/2020) lalu. Fachrul mengatakan, dari pantauan pihaknya terlihat sudah ada pendirian tenda-tenda untuk jemaah haji di Arafah.

"Saat ini tampak ada geliat persiapan haji yang dilakukan pemerintah Arab Saudi. Hal itu antara lain terlihat dari pemasangan tenda-tenda di Arafah oleh Muassasah Asia Tenggara," kata Fachrul dalam keterangan pers di situs kemenag.go.id, Rabu (20/5/2020).



Alasan lain penundaan keberangkatan, kata Fachrul, karena Indonesia masih menerapkan pembatasan sosial berskala besar (PSBB). Sehingga pemerintah berharap seluruh pihak berkonsentrasi mengefektifkan kebijakan ini terlebih dulu.


Fachrul juga menyampaikan penundaan dilakukan karena pemerintah masih berharap ada kabar baik terkait penanganan virus corona.

"Arahan Presiden Joko Widodo agar batas penyampaian pengumuman diundur dengan harapan ada perkembangan baik di Indonesia dan Arab Saudi," ujarnya.

Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Nizar mengatakan telah mematangkan persiapan haji. Kemenag juga telah menyiapkan skenario jika haji tetap berjalan saat pandemi virus corona.

"Mitigasinya sudah kami siapkan sehingga apapun keputusannya nanti, kami siap melaksanakan," ujar Nizar.


Sebelumnya, Pemerintah Indonesia kembali mengundur keputusan penberangkatan jemaah haji. Presiden Joko Widodo memutuskan hal itu usai menghubungi Raja Salman bin Abdulaziz Al-Saud sebagaimana dikutip pada cnnindonesia.com.

Pemerintah akan memutuskan hal tersebut pada 1 Juni. Jika haji jadi dilaksanakan, Indonesia akan mengirim kloter pertama pada 26 Juni. (*)