Pemkab Solok Wajibkan Pengunjung Pasar Pakai Masker dan Hanya Sembako yang Boleh Dijual

STIE-AKBP-30 JUNI

iklan halaman depan



Pemkab Solok Wajibkan Pengunjung Pasar Pakai Masker dan Hanya Sembako yang Boleh Dijual

Minggu, 10 Mei 2020
Didampingi Bupati Solok H.Gusmal, SE.MM, tampak Ketua TP-PKK Kab.Solok Ny.Desnadefi Gusmal, SH pasangkan masker Ketua PKK Nagari Muaro Paneh, Sabtu (9/5/2020).

Solok, fajarsumbar.com - Pasar merupakan salah satu sentra perekonomian masyarakat. Tanpa pasar, jelas akan menghentikan perputaran perekonomian masyarakat.

Terkait hal tersebut Bupati Solok H.Gusmal, SE.MM, menyampaikan instruksi dari pemerintah pusat, bahwa pasar memang harus tetap buka.

"Namun, ada aturan pakainya, kita arahkan kepada los-los pasar saja, dan diatur jarak orang yang berdagang," ujar bupati.

Hal tersebut disampaikan Bupati Solok H.Gusmal, SE.MM saat penyerahan beras bantuan untuk Nagari Muaro Paneh Kec. Bukit Sundi, Sabtu (9/5/2020) di Halaman Kantor Walinagari Muaro Paneh.

Seiring pemberlakuan PSBB oleh Pemprov Sumbar, sejauh ini Pemkab Solok telah mengeluarkan beberapa imbaunnya.

Terkait pasar, kepada seluruh pengurus pasar nagari, hanya diperbolehkan membuka pasar dimulai pada pukul 06.00 Wib, dan harus tutup pada pukul 14.00 Wib.

Selain itu, pemerintah daerah Kabupaten Solok juga mengimbau seluruh masyarakat yang memasuki pasar, baik itu pembeli maupun pedagang pasar itu sendiri, harus pakai masker.

Dikesempatan itu bupati menyampaikan, kepada pengurus pasar diwajibkan untuk melakukan penyemprotan 1 hari menjelang pasar dibuka.

Tak hanya itu, setiap pasar yang ada di Kabupaten Solok juga diwajibkan untuk menyediakan tempat mencuci tangan disetiap sudutnya.

"Semua aturan itu harus dilaksanakan oleh pemerintah nagari bersama dengan pengurus pasar," tegas bupati.

Bupati juga mengimbau, agar masyarakat dalam berdialog diharapkan berjarak.

Bupati menyebut, Pemkab Solok sejauh ini juga telah mengatur terkait barang dagangan yang diperbolehkan untuk dijual di pasar, yakni hanyalah kebutuhan pokok saja, selain itu tidak diperbolehkan.(nr)