Penyaluran BLT DD Dilaunching di Dharmasraya

iklan halaman depan

Penyaluran BLT DD Dilaunching di Dharmasraya

Selasa, 19 Mei 2020
Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan, gelar launching penyerahan BLT DD di gedung auditorium

Dharmasraya, fajarsumbar.com - Bupati Dharmasraya Launching penyaluran  Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa. Kegiatan dipusatkan di gedung auditorium Pemkab setempat Selasa (19/5/20) tersebut juga disaksikan oleh Menteri Desa PDTT, serta Wakil Gubernur Sumatera Barat dan Forkopimdab secara Virtual tersebut, juga ditandai dengan penyerahan BLT secara simbolis oleh Bupati Sutan Riska kepada keluarga penerima manfaat.

"Dengan telah dilakukan launching penyaluran BLT Dana Desa pada hari ini. Maka telah resmi dilakukan penyaluran BLT DD di seluruh nagari berada di Kabupaten Dharmasraya," sebut Sutan Riska. 

Saat itu, Bupati termuda itu juga memaparkan bahwasanya BLT DD, disalurkan kepada penerima senilai Rp600 ribu/bulan. Diberikan selama tiga bulan, terhitung dari bulan Mei, hinngga Juli 2020. Tentunya total DD disalurkan untuk penerima BLT senilai Rp1,8 juta/KK.

"Adapun penerimaan BLT DD ini, disalurkan kepada penerima dengan sistem  non tunai (transfer perbankan). Sebaliknya, jika tidak memungkinkan, pemerintah nagari dapat melakukan penyaluran secara tunai (door to door), dengan wajib mempertimbangkan physical distancing serta protokol kesehatan Covid-19," terang Sutan Riska.

Ia juga menyebutkan, saat penyaluran pihak pemerintah nagari dapat bekerjasama dengan Babinsa dan Bhabinkamtibmas, sehingga kerjasam pemerintahan dengan pihak keamanan dapat berjalan dengan baik.

Sutan Riska juga menyebutkan bahwa, dari 65.832 KK berada diseluruh wilayah Kabupaten Dharmasraya, sebanyak 45.703 KK mendapat bantuan dari pemerintah, atau sekira  69,42 %. Meliputi, bantuan PKH 3.727 KK, Sembako Non PKH 2.562 KK, PKH Non Sembako 550 KK, Bantuan Sosial Tunai 10.803 KK, BLT Provinsi 4.237 KK, BLT Kabupaten 5.141 KK dan untuk BLT Dana Desa, sebanyak 8.419 KK. 

"Adapun bantuan diberikan kepada masyarakat ini,  dapat hendaknya mengurangi beban masyarakat dalam situasi sulit ini. Untuk itu, kepada warga penerima, kami harap dapat menggunakan bantuan diberikan secara bijak," himbau Raja Muda Koto Besar itu. (Fani)