Tanah Datar Sediakan Rp4,1 Miliar untuk Guru Ngaji dan Garin Masjid

iklan halaman depan

Tanah Datar Sediakan Rp4,1 Miliar untuk Guru Ngaji dan Garin Masjid

Senin, 18 Mei 2020
Wabup Zuldafri Darma menyerahkan secara simbolis insentif guru LPA dan Garin Masjid

Tanah Datar, fajarsumbar.com Insentif untuk 2.100 guru Lembaga Pendidikan Al Quran (LPA) dan 323 orang Garin Masjid se Kabupaten Tanah Datar diserahkan Pemerintah Kabupaten Tanah Datar. 

Penyerahan insentif tersebut diserahkan secara simbolis Wakil Bupati Tanah Datar  Zuldafri Darma, didampingi Kabag Kesra Afrizon, Camat Salimpuang Abramis Yuzi dan Camat Tanjung Baru Arief Gani, Senin (18/5/20) di Gedung Serbaguna Kecamatan Salimpaung dan Kecamatan Tanjung Baru.

Wabup menyebutkan pemberian insentif ini dimaksudkan untuk memberi dorongan para Guru TPA, MDA dan Garin Masjid dalam syiar Agama Islam dan menyukseskan terwujudnya Tanah Datar menjadi Kabupaten Hafizh Al Quran.

Kepada penerima Wabup sampaikan ucapan apresiasi dan terimakasih yang telah berjuang mensukseskan program  Kabupaten Tahfiz dan membawa Kabupaten Tanah Datar menjadi juara umum MTQ  tingkat Sumbar beberapa waktu lalu.

"Pandemi Covid-19 sangat berdampak terhadap perekonomian masyarakat, untuk itu dengan diterimanya insentif dari pemerintah daerah, saya harapkan bisa mengurangi beban dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari," harap Zuldafri. 

Sementara itu, Kabag Afrizon menambahkan, pembagian insentif  diserahkan langsung ke kantor camat masing-masing  sampai 19 Mei 2020. 

“Senin yang lalu sudah dilaksanakan di kantor Camat Pariangan dan Batipuh Selatan, Selasa di Lima Kaum dan Rambatan, Rabu di Tanjung Emas dan Padang Ganting, Kamis di Lintau Buo dan Lintau Buo Utara, Jumat di Sungayang dan Sungai Tarab, hari ini Senin di Salimpaung dan Tanjung Baru, dan besok Selasa di Batipuh serta X Koto,” jelas Afrizon.

Sedangkan pembagiannya, kata Afrizon, sesuai data dan seleksi yang telah dilaksanakan para penerima diwajibkan membawa Kartu Keluarga, tidak diwakili serta menerapkan sosial distancing, cuci tangan dan memakai masker.

“Tahun sebelumnya kita juga berikan sosialisasi, namun tahun ini tidak lagi, kita langsung menyerahkan insentif dengan total Rp.4.186.400.000,- dengan rincian 377 Guru LPA sertifikasi masing-masing Rp. 2,4 juta, 1.723 Guru LPA non sertifikasi masing-masing Rp. 1,6 juta dan 323 Petugas Masjid/marbot masing-masing Rp. 1,6 juta,” ujar Afrizon.

Kabag Kesra Afrizon berharap kepada penerima insentif mempergunakan sebaik-baiknya. “Tentu apa yang diberikan pemerintah daerah melalui Bagian Kesra ini belumlah maksimal, namun tentu setidaknya dapat meringankan beban penerima dalam menyambut hari raya Idul Fitri dan juga wujud apresiasi Pemda kepada kita insan keagamaan di Tanah Datar, semoga ini bisa terlaksana lagi tahun selanjutnya,” ujar Afrizon. (Freddy)