Yang Penting Makan ketimbang Baju Lebaran -->

IKLAN-UT-TAYANG-16-NOVEMBER-2020

iklan halaman depan

Yang Penting Makan ketimbang Baju Lebaran

Selasa, 19 Mei 2020
H. Refrizal.


Jakarta, Fajarsumbar.com-Di masa pandemi covid-19 ini, masyarakat harus berpandai-pandai dalam mengatur pemenuhan kebutuhan hidupnya. Kebutuhan pangan saat ini jauh lebih penting ketimbang membeli baju baru untuk Lebaran.

Hal itu diungkapkan tokoh perantau Minang, H. Refrizal, Selasa (19/5) menyikapi fenomena masyarakat berbondong-bondong menyerbu pusat perbelanjaan untuk membeli baju Lebaran.

Ketua Umum PKDP ini mengimbau masyarakat untuk memprioritaskan kebutuhan pangan. "Pandemi ini tak tahu kapan berakhirnya. Dampak sosial dan ekonomi akibat pandemi juga tak jelas akan berakhir sampai kapan. Alangkah baiknya masyarakat berjaga-jaga dengan kebutuhan pangan ketimbang kebutuhan merayakan Lebaran yang cuma sesaat," ujar Refrizal.

Secara khusus Wakil Ketua Umum IKM ini mengimbau masyarakat penerima Bantuan Langsung Tunai atau Bantuan Sosial dari pemerintah agar bijak menggunakan dana bantuan yang telah diterima. Jangan pula gunakan dana BLT dan Bansos itu untuk membeli baju baru, sepatu baru dan sejenisnya. Lebih baik uang itu digunakan untuk memenuhi kebutuhan cadangan pangan.

Bantuan BLT atau Bansos cukup untuk menyediakan cadangan pangan hingga tiga bulan ke depan. Refrizal berharap masyarakat memanfaatkan bantuan itu sebaik-baiknya. Setelah bantuan tersebut, tak jelas akan ada lagi bantuan serupa, sementara dampak pandemi covid-19 akan terus terjadi.

Saat ini menurut Refrizal hilangkan dulu hasrat untuk merayakan Lebaran dengan segala kebutuhan yang tak terlalu penting. "Saat ini lebih penting makan ketimbang baju Lebaran," tegas Refrizal. (arr)