Angka Pernikahan di KUA Agam Menurun 60 Persen

STIE-AKBP-30 JUNI

iklan halaman depan



Angka Pernikahan di KUA Agam Menurun 60 Persen

Selasa, 30 Juni 2020
Masadi Haryono Bidang Kepenghuluan Kecamatan Lubuk Basung, Agam.

Lubukbasung, fajarsumbar.com - Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Lubuk Basung, Kabupaten Agam, Sumatera Barat mencatat 60 persen penurunan angka pernikahan selama pandemi Covid-19 dari Maret - Juni 2020. 

"Selama Maret tercatat 49 pasang, April 28 pasang, Mei 12 pasang, dan di Juni terjadi peningkatan 54 pasang," kata Masadi Haryono Bidang Kepenghuluan KUA Kecamatan Lubukbasung kepada fajarsumbar.com, Selasa (30/06/2020).

Ia mengatakan, biasanya tiga bulan dari Lebaran KUA mencatat 200 ratus pasang  yang melakukan pernikahan, baik di kantor maupun yang di rumah.

"Dalam hal pelayanan di masa pandemi dan di era new normal ini, kita menerapkan protokol kesehatan Covid-19 terhadap calon mempelai, wali nikah petugas dan keluarga yang mendampingi," katanya.

Calon mempelai, wali nikah dan petugas harus memakai sarung tangan. Sedangkan untuk keluarga yang mendampingi dibatasi hanya boleh 10 orang pendamping. Dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Ia menambahkan, selama Maret sampai Juni 2020 sebanyak 133 pasangan pengantin telah menikah di KUA Lubukbasung. 

Untuk Juli telah mendaftar sebanyak 38 pasangan calon pengantin, yang akan melakukan pernikahan. Dan 18 pasang sempat tertunda melaksanakan pernikahan, dan telah dilakukan pendataan ulang. (Yanto)