Bawaslu Diminta Rumuskan Aturan, ASN Tidak Boleh Memihak Salah Satu Kandidat

STIE-AKBP-30 JUNI

iklan halaman depan



Bawaslu Diminta Rumuskan Aturan, ASN Tidak Boleh Memihak Salah Satu Kandidat

Selasa, 30 Juni 2020
Bupati Solok H.Gusmal, SE.MM selaku Keynote Speaker dalam giat peserta bimbingan teknis pencocokan dan penelitian daftar pemilih dalam pemilihan gubernur dan wagub Sumbar serta bupati dan wabup Solok, di Aula Resto D'relazion Kota Solok, Selasa (30/06/2020).

Solok, fajarsumbar.com - Di tengah kecenderungan ASN untuk ikut serta dalam pilkada, terkait hal itu Bupati Solok H.Gusmal, SE.MM menyampaikan, agar ASN tidak memihak kepada salah satu kandidat.

Bahkan bupati meminta Bawaslu menyampaikan dan mensosialisasikan hal itu. Kapan perlu Bawaslu dan Pemkab Solok merumuskan dan membuat aturan, bagi Honorer tidak boleh ikut-ikutan memihak pada salah satu kandidat.

Hal tersebut disampaikan bupati dalam giat peserta bimbingan teknis pencocokan dan penelitian daftar pemilih dalam pemilihan gubernur dan wakil gubernur Sumbar serta bupati dan wakil bupati Solok tahun 2020, di Aula Resto D'relazion Kota Solok, Selasa (30/06/2020).

Selain dihadiri Ketua KPU Kabupaten Solok Ir.Gadis, juga hadir KPU Sumbar Nova Indra, Kakan Kesbangpol Junaidi, Kabag Humas Syofiar Syam dan Komisioner KPU Jonsmanedi.

Ditengah kondisi masyarakat Kabupaten Solok yang sangat bervariatif, terkait hal itu Bupati Solok H.Gusmal, SE.MM meminta camat dan walinagari se-Kabupaten Solok untuk memahami kondisi tersebut, dan meminta peran aktifnya dalam mendorong bagaimana Pilkada berjalan lancar.

Tak hanya sinergitas bahkan lebih jauh bupati menyampaikan, melalui Kesbangpol pemerintah daerah Kabupaten Solok siap memfasitasi berbagai kebutuhan yang diperlukan KPU untuk Pilkada berjalan lancar.

"Disamping itu, ada lembaga penegak hukum seperti POLRI dan TNI  Kejaksaan, semuanya tetap melalukan koordinasi bagaimana menjaga stabilitas keamanan di Kab.Solok, mulai saat ini hingga akhir Pilkada," jelas bupati.

"Pemerintah Kabupaten Solok melalui Kesbangpol, kecamatan sampai ke nagari, akan mengambil langkah-langkah agar seluruh masyarakat kita bisa berpartisipasi," sambung bupati.

Sekaitan hal itu selaku pembicara utama (keynote Speaker) dalam bimtek tersebut, bupati meminta camat dan walinagari untuk ikut mensosialisasikan, menyampaikan peraturan perundang-undangan yang berlaku kepada masyarakat, tentang bagaimana cara-cara Pilkada dimasa New Normal.(nr)