Diterjang Banjir Dua Rumah Warga Terbelah dan Hanyut di Solok Selatan

STIE-AKBP-30 JUNI

iklan halaman depan



Diterjang Banjir Dua Rumah Warga Terbelah dan Hanyut di Solok Selatan

Selasa, 30 Juni 2020
Unilah dua unit rumah warga Luak Kapau Alam Pauh Duo yang dilanyau banjir dadakan

Solsel, fajarsumbar.com - Dua rumah warga terbelah dan hanyut diterjang banjir, karena air Batang Bangko tiba-tiba membesar di Nagari Kapau Alam Pauh Duo, Kecamatan Pauh Duo Solok Selatan, Sumatera Barat (Sumbar) sekira pukul 20.00 WIB, Senin (29/6/2020).

Peristiwa mengejutkan warga sekitar itu terjadi akibat hujan berkepanjangan di hulu sungai Batang Bangko Nagari Kapau Alam Pauh Duo, Kecamatan Pauh Duo Solok Selatan.

Akibat musibah yang tertubi-tubi di Solok Selatan tersebut tidak ada menimbulkan korban jiwa. Namun kerugian ditaksir puluhan juta rupiah.

Sebelumnya, hujan yang tidak diprediksi itu terjadi tengah malam, disaat warga sedang enak tidur dikejutkan dengan dentuman benda keras.

Sebagaimana laporan dari Camat Pauh Duo, Bujang Basri melalui pesan singkat WA nya malam ini mengatakan, akibat hujan yang sangat deras setelah Shalat Magrib mengakibatkan banjir besar yang mendadak di Nagari Kapau Alam Pauh Duo.

.

Akibat banjir itu, menghanyutkan rumah penduduk  atas nama  Syawal (42) di Jorong Kampung  Baru Nagari Kapau Alam Pauh Duo. 

Satu lagi rumah warga yang menjadi korban rumah milik Hel (30) di Jorong Kampung Baru Nagari Kapau Alam Pauh Duo. Kedua rumah warga itu terbelah jadi dua setelah diterjang air bah. 

Dapur ke dua rumah itu dihanyutkan diterjang air yang penuh lumpur dan kekayuan yang ikut hanyut dengan banjir tersebut.

Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan keluarga yang terkena musibah diungsikan ke tempat yang lebih aman. 

"Keluarga yang kena banjir telah kami ungsikan," terang camat melalui gagang teleponnya kepada fajarsumbar.com, Selasa (30/6/2020) dini hari.

Malam itu juga Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Solok Selatan di bawah komando Kalaksa Richi Amran langsung menuju lokasi banjir, guna memberikan pertolongan kepada warga, beruntung tidak ada korban jiwa. Kerugian ditaksir puluhan juta rupiah.

"Ya malam ini juga tim TRC kami langsung menuju lokasi," tegas Richi. (Abg)