Pengunduran Keberangkatan JCH Disosialisasikan

STIE-AKBP-30 JUNI

iklan halaman depan



Pengunduran Keberangkatan JCH Disosialisasikan

Selasa, 30 Juni 2020
Kakankemenag menyerahkan secara simbolis buku manasik haji

Tanah Datar, fajarsumbar.com Jamaah Calon Haji (JCH) Tanah Datar Tahun 2020 mengikuti sosialisasi Keputusan Menteri Agama (KMA) No. 494/2020 tentang pembatalan/pengunduran dan pemberangkatan JCH Kabupaten Tanah Datar tahun 2020 di Masjid Nurul Amin Pagaruyung Batusangkar, Selasa (30/6/20).

Acara sosialisasi KMA no. 494/2020 tersebut dibuka secara resmi oleh Wakil Bupati Tanah Datar H. Zuldafri Darma didampingi Kakankemenag Tanah Datar H. Syahrul, Kabag Kesra H. Afrizon dan Kasi PHU Kemenag H. Erizal. Sosialisasi KMA 494 yang berlangsung selama 2 hari (30 Juni dan 1 Juli 2020) itu diikuti sebanyak 280 orang JCH yang akan diberangkatkan pada tahun 2021 mendatang.

Untuk penyelenggaraan sosialisasi tersebut digelar dalam dua tahap sesuai protokol Covid-19. Tahap I digelar Selasa (30/6/20) dengan jumlah peserta sosialisasi sebanyak 140 orang peserta JCH dan untuk tahap II digelar Rabu (1/7/20) dengan Jumlah 140 peserta JCH.

Nara Sumber yang menyampaikan materi dalam Sosialisasi KMA 494/2020 tahap I tersebut masing masing Kakankemenag Tanah Datar H. Syahrul dan Kasi PHU Kantor Kemenag H. Erizal.

Kakankemenag dalam penyampaian materinya menjelaskan, setiap JCH yang datang untuk mengikuti kegiatan yang dilaksanakan Kementerian Agama adalah merupakan ibadah bagi setiap JCH tersebut. 

Semakin banyak mengikuti acara manasik haji, semakin matang ilmu manasik haji itu didapat dan dipahami oleh para jamaah. 

Untuk itu Kakankemenag meminta kepada JCH agar lebih sering mengikuti manasik haji dan mempelajari buku petunjuk manasik haji yang telah dibagikan kepada masing masing jamaah.

Semakin sering kita mengikuti manasik haji, semakin banyak ilmu kita peroleh untuk bekal menjalani ibadah haji tahun 2021 mendatang.

Selanjutnya Kakankemenag mengingatkan, kepada seluruh JCH Tanah Datar untuk selalu menjaga kesehatan jasmani dan rohani sehingga pelaksanaan Ibadah di tanah suci nanti dapat berjalan dengan lancar.

Kabag Kesra Kantor Bupati Tanah Datar H. Afrizon menyebutkan persiapan keberangkatan ke tanah suci harus diikuti dan dipatuhi oleh para JCH. 

Kabag Kesra meminta kepada para JCH Tanah Datar dapat mempersiapkan diri mulai dari persiapan kesehatan jasmani dan rohani sehingga di Tanah Suci nanti semua proses penyelenggaraan Ibadahnya berjalan dengan lancar.(freddy)