Bantuan Alsintan Dapat Tingkatkan Produksi Padi -->

IKLAN-TANAH

iklan halaman depan

Bantuan Alsintan Dapat Tingkatkan Produksi Padi

Rabu, 12 Agustus 2020
.

Padang, fajarsumbar.comKepala Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Sumbar Syafrizal, menyebutan bantuan alsintan yang diberikan kepada petani dapat meningkatkan produksi padi.

"Alsintan dapat mempermudah petani untuk mengolah lahan pertanian, sehingga dapat meningkatkan produksi padi," ujar Syafrizal kepada fajarsumbar.com, Rabu (12/8/2020).

Menurutnya Pemprov membantu petani alsintan. Seperti diserahkan oleh Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit melakukan tanam padi perdana di lahan sawah kelompok tani Mulya Munggu Cangkeh Jorong Patomuan Nagari Talu Kecamatan Talamau.

Sebagaimana diketahui Sumbar didominasi sektor pertanian dengan sumbangan terhadap PDRB sebesar 23,91 persen. Dimana dukungan usaha pertanian tanaman pangan hortikultura cukup besar dan berkembang baik, sehingga langsung menyentuh masyarakat di pedesaan.

"Alhamdulillah, dengan terobosan yang positif Nagari Talu bisa dua kali tanam dalam satu tahun," kata Wagub Nasrul Abit.

Wagub Nasrul Abit menjelaskan, bahwa Sumbar merupakan salah satu dari 17 Provinsi penyangga produksi pada Nasional, untuk mendukung swasembada pangan yang berkelanjutan.

"Untuk tahun ini saja, kita memiliki 588,042 hektar sawah dengan luas sawah baku yang kita punya 230,176 hektar. Kita menargetkan produksi beras lebih kurang 3 juta ton tiap tahunnya," ucap.(hms-pemprov/ab)