Ekowisata Green Talao Park Ulakan segera Di-launching -->

IKLAN-TANAH

iklan halaman depan

Ekowisata Green Talao Park Ulakan segera Di-launching

Minggu, 26 Juli 2020

Foto bersama di depan tagline ekowisata dan edukasi Green Talao Partk

Pariaman, fajarsumbar.com - Salah satu Objek Wisata yang sedang booming di Kabupaten Padang Pariaman saat ini adalah, kawasan Ekowisata dan Edukasi Green Talao Park (GTP). 

Kawasan wisata yang mengusung wisata alam dan edukasi ini terletak di Pasia Kambia Tigo, Korong Ganting Tangah Padang, Nagari Ulakan, Kecamatan Ulakan Tapakis, Kabupaten Padang Pariaman, Provinsi Sumatera Barat. 

Dana pembangunan Kawasan Wisata GTP  bersumber dari APBN senilai Rp1,3 miliar ini dikucurkan pemerintah melalui Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) dengan Program Pilot Inkubasi Inovasi Pengembangan Ekonomi Lokal (PIID-PEL) tahun anggaran 2019. 

"Pembangunan wisata GTP ini dimulai bulan Agustus dan berakhir Desember 2019 lalu," kata Ketua Pengurus kawasan Wisata Syahrul Mubarak di Kantor Camat Ulakan Tapakis, Sabtu (25/07/20).

Setelah selesai dibangun, kawasan wisata ini belum langsung dibuka untuk umum juga terkait pandemi Covid-19.

Kemudian dikarenakan telah terbit surat edaran bupati Padang Pariaman yang menyatakan untuk seluruh tempat wisata di Kabupaten Padang Pariaman ditutup untuk sementara waktu.

Namun demikian, begitu antusias masyarakat ingin mengunjungi wisata ini sangat tinggi. "Kita sebagai pengelola kawasan, agak kewalahan, sehingga muncullah ide dari beberapa para tokoh masyarakat untuk membuka kawasan wisata kembali sebelum dibuka secara resmi," ujarnya. 

Menyambut ide tersebut, setelah melakukan koordinasi dengan pemerintah Nagari Ulakan dan BUMnag serta pihak terkait lainnya, akhirnya selaku pengurus akan membuka sementara objek wisata kebanggaan masyarakat Ulakan tersebut.

Setelah sebulan beroperasi, tingkat kedatangan pengunjung sangat menggembirakan. Berdatangan respon positif dari pihak pemerintah nagari dan tokoh masyarakat. 

Pemerintahan nagari bersama Bumnag Pesisir Ulakan Madani melakukan rapat dengan Pokdarwis GTP untuk membahas pelaksanaan soft launching atau pembukaan secara resmi dan sekaligus pembentukan panitia. 

Direktur BUMnag Pesisir Ulakan Madani Ady Kurniawan menyampaikan agar panitia dapat melakukan gebrakan nyata untuk kemajuan kawasan ekowisata GTP ke depannya.

"Kepada Pokdarwis dan panitia yang telah dibentuk untuk dapat melahirkan inovasi dan gebrakan program lainnya. Terutama dalam menyusun konsep launching dan pengelolaan ke depannya. Yang terpenting kita bersama,  dan diusahakan bulan depan kita lakukan penganggaran nantinya," ungkap Ady Kurniawan.

Sementara itu, Pj. Wali Nagari Ulakan Irmanto, SE, menuturkan hal yang sama. Terkait pembukaan secara resmi nanti, ia berharap panitia harus kompak dan kreatif serta jelas pembagian tugas dalam bekerja, sehingga saat launching berjalan sukses dan meriah sesuai harapan bersama.

"Ke semua komponen harus saling bekerja sama dan menampilkan kemampuan maksimal untuk kemajuan nagari. Kelancaran dan sukses kawasan ekowisata ini, juga tertumpangkan pada kemauan dan keseriusan pemuda Nagari Ulakan," harap Irmanto.

Untuk kelancaran launching GTP itu, telah terbentuk kepanitiaan diketuai Wendrizal Tanjung. "Anggota kepanitiaan sebagian besar dari pemuda ini, sehingga dapat bekerja dengan baik dan maksimal untuk kemajuan dan kesejahteraan masyarakat Nagari Ulakan," tambah Kasi Trantib Kantor Camat Ulakan Tapakis Anes Satria yang ikut hadir dalam pertemuan itu. (saco)