KPU Sumbar Minta Perbaikan Dukungan KTP Fakhrizal-Genius -->

IKLAN-TANAH

iklan halaman depan

KPU Sumbar Minta Perbaikan Dukungan KTP Fakhrizal-Genius

Minggu, 26 Juli 2020
Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Izwaryani.

Padang, fajarsumbar.com
- KPU Sumbar menyatakan pasangan calon perseorangan Mantan Kapolda Sumbar Fakhrizal-Genius Umar belum memenuhi ambang batas minimal dukungan sebanyak 316.051. Ia diminta memperbaiki data jika ingin tetap maju di Pilkada 2020.


Dalam pleno di KPU Sumbar pasangan Fakhrizal-Genius memiliki syarat dukungan sah sebanyak 130.258 dukungan dan tidak memenuhi syarat sebanyak 185.793 dukungan.

Pasangan ini harus menyerahkan perbaikan dua kali lipat dari kekurangan sebanyak 185.793 atau totalnya adalah 371.586 dukungan.

"Waktu perbaikan atau penyerahan e-KTP atau suket dilakukan 27 Juli," kata Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Izwaryani kepada wartawan di Padang, Minggu (26/7/2020).

Izwaryani melanjutkan bahwa setiap calon harus menyerahkan perbaikan dengan terlebih dahulu melakukan input di Sistem Informasi Pencalonan atau Silon. Jika sampai waktu yang diberikan tidak memperbaiki syarat dukungan, maka mereka dianggap mengundurkan diri.

"Jika mereka maju melalui jalur partai politik (parpol), maka sekarang bisa, karena pasal 33 ayat 2 dalam PKPU 18 Tahun 2019 telah dihapus dalam PKPU 1 Tahun 2020 tentang Pencalonan," katanya.

Tahapan perbaikan ini juga tidak lagi mensyaratkan KTP yang tersebar di 19 kab/kota. Karena masing-masing calon syarat dukungannya telah telah tersebar di 19 kab/kota se-Sumbar.

Sementara itu Genius mengatakan pihaknya siap mengusahakan memenuhi kekurangan syarat perbaikan dengan waktu yang diberikan penyelenggara. "Kita kan sekarang dikasih waktu, tentunya apa yang jadi rekomendasi mereka kita kerjakan. Insya Allah terpenuhi," katanya.

Pihaknya akan menyerahkan kekurangan sesuai waktu yang ditetapkan. "Secara umum kami yakin Insya Allah kami akan dapat memenuhi sesuai ketentuan yang ada di KPU," jelasnya. (RI)

Minangkabaunews.com