Pelebaran Lapangan Desa Petahunan Adalah Bonus TMMD Reguler Banyumas

STIE-AKBP-30 JUNI

iklan halaman depan

Pelebaran Lapangan Desa Petahunan Adalah Bonus TMMD Reguler Banyumas

Jumat, 31 Juli 2020


Banyumas – Pelebaran lapangan sepakbola Desa Petahunan, Kecamatan Pekuncen, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, adalah bonus adanya program TMMD Reguler 108 Kodim 0701 Banyumas, yang telah selesai membangun infrastruktur jalan beton 1,8 kilometer, jembatan, 3 unit gorong-gorong dan sejumlah talud, sebagai Jalan Usaha Tani (JUT) sekaligus akses wisata ke air terjun tingkat tujuh Curug Nangga.

Kepala Desa Petahunan, Rohmad Fadli (42) menjelaskan, pihaknya sangat mengapresiasi Kodim Banyumas, karena menyiapkan segala kegiatan dengan mendetail.

“Walaupun saat itu kemungkinannya sangat tipis adanya upacara pembukaan TMMD Reguler, terkait penerapan social distancing pandemi covid, namun pihak Kodim Banyumas tetap mengantisipasi sekecil apapun peluang itu,” ujarnya, Jumat (31/7/2020).

Untuk itulah dirinya menyatakan terima kasih atas segala bentuk pembangunan yang dilakukan di desanya, termasuk pelebaran lapangan sepakbola di Dukuh/Desa Petahunan RT. 05 RW. 01, yang semula berukuran 40 x 60 meter, kini menjadi 60 x 85 meter, dengan excavator yang digunakan untuk membuka dan mengeraskan jalan beton TMMD itu.

Sedangkan kegiatan non fisiknya, yaitu penerapan disiplin protokol kesehatan covid-19, sosialisasi wawasan kebangsaan guna menumbuhkan rasa bela negara dan cinta tanah air, sosialisasi bahaya narkoba, penyuluhan kesehatan, pertanian, peternakan, dan keterampilan mengolah sampah plastik menjadi barang-barang yang bernilai ekonomis, jelas membuka wawasan masyarakat serta meningkatkan SDM untuk mengolah SDA yang tersedia menjadi lebih baik lagi.

Menurutnya, edukasi yang diberikan kepada warganya, disesuaikan dengan kondisi mata pencaharian dan potensi di desanya, sehingga upaya Pemda dalam pemulihan ekonomi dan kesehatan di tengah wabah pandemi, dinilainya sangat tepat manfaat.

Selain itu, TMMD juga bukti konkrit kepedulian TNI untuk memotivasi dunia pendidikan generasi Petahunan yang sedang diliburkan sekolah terkait kewaspadaan virus corona.

Yakni, anggota Satgas dan para Babinsa yang diperbantukan untuk memperkuat Satgas TMMD, di berbagai kesempatannya melakukan pelatihan dan pembekalan belajar, olahraga, beladiri, kesenian, dan kedisiplinan, sehingga menumbuhkan semangat belajar anak yang disibukkan dengan gadget.

“TMMD Reguler juga banyak bantuan-bantuan sosial dan stimulus. Oleh karena itu, sekali lagi saya sampaikan bahwa saya adalah Kades yang paling beruntung di Banyumas pada ini, karena TMMD Reguler itu akan datang lagi ke wilayah Banyumas, 3 tahun lagi,” imbuhnya. (Aan)