2 Jam Diguyur Hujan, Lubuk Basung Banjir -->

IKLAN-TANAH

iklan halaman depan

2 Jam Diguyur Hujan, Lubuk Basung Banjir

Minggu, 30 Agustus 2020

Lubuk Basung, fajarsumbar.com Derasnya hujan Minggu (30/8/2020) sore yang mengguyur Kota Lubuk Basung, membuat  bebera titik daerah itu tergenang air dan beberapa bandar di pinggir jalan meluap, sehingga meluber ke jalan raya.

Dari laporan BPBD Agam, sepanjang Minggu sore akibat derasnya hujan, terjadi longsor di Taratak Nagari Garagahan, banjir di Nagari Persiapan Sangkir, juga di depan SPBU Monggong, Jl Gajah Mada dengan ketinggian air  mencapai 60 centimeter. 

Sementara itu empat unit rumah di perumnas Batu Galeh Tahap II, Jorong Surabayo, Kecamatan Lubuk Basung, Kabupaten Agam,terendam banjir akibat curah hujan cukup tinggi melanda daerah Lubuk Basung.


Jalan Gajah Mada Lubuk Basung Berubah jadi sungai ketinggian air capai 40 cm

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Agam, Muhammad Lutfi Ar didampingi anggota Pusdal Ops BPBD Agam, Lukman di Lubuk Basung, Minggu, mengatakan keempat unit rumah itu milik Rida (60), Bemi (50), Nel (40) dan Meri (45).

"Air Setinggi 40  cm masuk kerumah warga, sehingga perabotan yang ada dalam  rumah jadi terendam ," katanya.

Ia menambahkan, Banjir itu terjadi akibat hujan dihulu sungai yang sangat lebat sehingga daerah yang kerendahan jadi tergenang air," ujarnya

Tidak hanya itu saja, sungai yang ada disepanjang Jalan Gajah Mada juga meluap sampai kejalan dengan ketinggian 30 sampai 40 cm

Air Banda Sangkir Parit Rantang Nagari persiawan Sangkir meluap kejalan dan mengenangi rumah warga.

Sementara itu dari pantauan fajarsumbar.com, hujan mereda sekitar jam 17.30 WIB.

Asrial salah seorang warga Parit Rantang, Yang rumahnya berdekatan dengan Batang Sangkir mengatakan, dari tahun 1979 tinggal di lokasi itu, baru ini mengalami banjir. (Yanto)