23 Hewan Qurban Disembelih di Masjid Baburahmah Kubu Gulai Bancah -->

iklan halaman depan

23 Hewan Qurban Disembelih di Masjid Baburahmah Kubu Gulai Bancah

Sabtu, 01 Agustus 2020
Panitia qurban Masjid Baburrahmah Luak Anyir Bukittinggi foto bersama.

Bukittinggi fajarsumbar.com -
 Walau dalam suasana Covid-19, semangat berqurban warga di Masjid Baburahmah Luak Anyir, Kelurahan Kubu Gulai Bancah, Bukittinggi tidak pernah surut. Sebanyak 21 ekor sapi 2 ekor kambing untuk tahun ini disembelih.


Hal ini disampaikan tokoh agama Jufrizal Khatik Batuah didampingi Ketua Masjid Baburarahmah H Hamdani kepada fajarsumbar.com. di Masjid Baburrahmah Luak Anyir Kelurahan Kubu Gulai Bancah Kecamatan Mandiangin Koto Selayan Bukittinggi, Sabtu (1/8/2020).

Kemarin Masjid Baburrahmah juga melaksanakan Shalat Idul Adha, dengan protokol Covid-19, pakai masker, jaga jarak, cuci tangan dan tidak boleh bersalaman, Alhamdulillah semuanya berjalan dengan aman sampai selesai.

Dalam kondisi Covid-19 dan banyaknya warga yang terdampak di Luak Anyir ini, karena pada umumnya masyarakat disini beraktifitas sebagai pedagang di pasar, namun semangat untuk berqurban tidak pernah surut. 

Tahun sebelumnya  jumlah hewan Qurban berupa Sapi 24 ekor sekarang 21 ekor ditambah 3 ekor Kambing, walaupun ada turun sedikit, artinya semangat berqurban masih tetap tertanam kuat bagi warga RW I Luak Anyir ini, masing-masing warga mendapat daging lebih kurang 2 kg per KK, ajarnya.

Lebih lanjut kata Jufrizal, “Kita juga memberikan apresiasi kepada Pemuda Luak Anyir Bersaudara (Labers), yang sangat kompak, dengan semangat gotong royong mengerjakan Qurban ini”dengan 21 ekor Sapi dan 3 ekor Kambing, selesai shalat Zuhor sudah selesai tinggal dibagikan saja kepada masyarakat.

Makna berqurban ini bakan hanya nilai relijius saja, tapi disini juga telah membangkitkan semangat gotong royong, kebersamaan warga yang selama ini telah kental, termasuk dalam bidang keamanan.

Ditambahkan Jufridal, “Kita juga mengucapkan terima kasih kepada Walikota Ramlan Nurmatias, yang memerintahkan kepada Dinas Damkar untuk membantu menyemprot bekas Qurban disetiap Masjid dan Mushala yang ada di Bukittinggi” sehingga tidak meninggalkan bau, dan membuat nyaman masyarakat untuk beribadah, ungkapnya. (gus)