4 Dosen Unand Positif Covid-19, Rektor; Mereka tak Sekaligus Kena -->

iklan halaman depan

4 Dosen Unand Positif Covid-19, Rektor; Mereka tak Sekaligus Kena

Sabtu, 01 Agustus 2020


(ilustrasi)

Padang, fajarsumbar.com - Sebanyak empat dosen di Fakultas Ekonomi Universitas Andalas (Unand) terkonfirmasi positif Covid-19. 

Pihak universitas menyebut, para dosen itu tak terpapar Covid-19 sekaligus dalam satu waktu. Imbas temuan dosen terinfeksi Covid-19, kini Unand menerapkan sejumlah kebijakan di lingkungan kampus. 

Rektor Unand Yuliandri mengemukakan, temuan tersebut bermula dari perjalanan dosen ke luar daerah. Sepulang dari perjalanan, dosen menjalani test swab. 

Empat dosen itu terkonfirmasi terinfeksi Covid-19 usai hasil pemeriksaan dikeluarkan oleh Laboratorium Kedokteran Unand. "Setelah kembali, mereka melakukan tes swab dan hasilnya positif," kata dia. 

Tak kena sekaligus, meski demikian, Yuliandri memastikan, para dosen itu tidak terpapar dalam waktu yang bersamaan. 

"Mereka tidak sekaligus kena. Dua orang pada minggu lalu, satu orang kemarin dan satu orang lainnya hari ini," tutur Yuliandri. 

Menyusul temuan tersebut, pihak universitas memberlakukan sejumlah kebijakan untuk menekan penyebaran virus di lingkungan kampus. 

Yuliandri menjelaskan, Unand telah membentuk tim Kewaspadaan Covid-19 sebelum ditemukan kasus dosen positif terpapar corona. Kini, pihak kampus memberlakukan kebijakan work from home (WFH). 

"Kita sudah koordinasi dengan dekan Fakultas Ekonomi dan dikeluarkan kebijakan WFH untuk dosen dan pegawai Fakultas Ekonomi," kata dia. 

Pihak kampus juga akan menelusuri siapa saja yang berkontak dengan dosen tersebut. "Kita melakukan upaya pemutusan mata rantai penyebaran dengan WFH di Fakultas Ekonomi dan melakukan tracing," ujar Yuliandri sebagaimana dikutip pada kompas.com.

Kemudian, bagi dosen dan mahasiswa yang baru saja melakukan perjalanan ke luar daerah akan menjalani tes swab hingga wajib isolasi mandiri. (*)