Bupati Solok Harapkan KAN Dilibatkan Pemilihan Walinagari -->

IKLAN-TANAH

iklan halaman depan

Bupati Solok Harapkan KAN Dilibatkan Pemilihan Walinagari

Minggu, 09 Agustus 2020
Bupati Solok sekaligus Ketua LKAAM Kab.Solok H.Gusmal, Dt.Rj.Lelo, foto bersama usai gelar sosialisasi dan singkronisasi giat LKAAM Kab.Solok dengan LKAAM Kecamatan, dan KAN se-Kab.Solok, Sabtu (08/08/2020) di Guest House Arosuka.

Solok, fajarsumbar.com - Bupati Solok sekaligus Ketua Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau (LKAAM) Kab.Solok H.Gusmal, Dt.Rj.Lelo, SE.MM, baru-baru ini menggelar sosialisasi serta melakukan singkronisasi terhadap kegiatan LKAAM Kab.Solok, dengan LKAAM Kecamatan dan Kerapatan Adat Nagari (KAN) se-Kabupaten Solok, Sabtu (8/8/2020) di Guest House Arosuka.

Bupati Gusmal, Dt.Rj.Lelo dalam sambutannya berharap, saat ini dan ke depan kelembagaan KAN dapat dilibatkan dalam pemilihan Walinagari.

Pelibatan seperti apa hingga keterlibatan sejauh apa, apakah terlibat langsung secara regulasi mulai dari proses awal pencalonan seorang walinagari? Mengenai hal itu Bupati Solok H.Gusmal, Dt.Rj.Lelo tidak merincinya.

Bupati berharap, lembaga adat nagari tetap aktif, dan diaktifkan kembali di setiap nagari hingga tidak mati suri

Bupati mengatakan, perlunya dilakukan peningkatan kapasitas pemangku adat di nagari dalam memperkuat perannya dalam nagari.

Bupati mengharapkan, perwakilan Niniak Mamak di Badan Permusyawaratan Nagari (BPN) perlu ditingkatkan, dan perwakilan Cadiak Pandai di nagari diharapkan dari Niniak Mamak.

Sehubungan dengan banyaknya lembaga adat yang bermunculan saat ini mendampingi lembaga KAN dan LKAAM, untuk itu bupati meminta Niniak Mamak, untuk meningkatkan lagi eksistensi serta pemahamannya tentang adat istiadat.

"Niniak mamak harus memahami dan mengerti seluk beluk yang ada dinagari, dan segala tentang adat sabatang panjang dan adat salingka nagari" harap bupati.

Mengenai singkronisasi antara Niniak Mamak dengan Bundo Kanduang, dalam pelaksanaan tugasnya masing-masing juga perlu ditingkatkan lagi.

Terkait regulasinya, bupati janjikan akan melakukan percepatan pembuatan Perda tentang nagari tersebut.

Hadir dalam sosialisasi dan singkronisasi kegiatan LKAAM dan KAN se-Kab.Solok, Askoor Bidang Ekbangkesra Medison, Kadis Pariwisata Nasripul Romika, Kadis DPMN Feris Novel dan Jajaran pengurus LKAAM Kab. Solok, serta peserta pengurus LKAAM kecamatan dan KAN nagari se-Kabupaten Solok

Menyoal anggaran LKAAM serta KAN, bupati mengatakan akan mengaturnya di dalam Perbup untuk tahun 2021.

Menutup kata sambutannya Bupati Solok H.Gusmal, DT.Rj.Lelo, SE.MM menyampaikan kepada peserta sosialisasi, sekaitan dengan mewabahnya Coronavirus Desease 2019 (Covid-19) di Kab.Solok, bupati mengatakan hal tersebut telah menyebakan anggaran nagari menjadi terkendala.(nr)