Ditunggu, Tokoh Sungai Pagu di Pilbup Solsel -->

IKLAN-TANAH

iklan halaman depan

Ditunggu, Tokoh Sungai Pagu di Pilbup Solsel

Senin, 10 Agustus 2020
Kantor Bupati Solok Selatan. ist

Solsel, Fajarsumbar.com-Sungai Pagu memiliki peran penting dalam upaya pemekaran Kabupaten Solok Selatan. Demikianpun dalam perheletan Pilkada, suara masyarakat Sungai Pagu sangat menentukan siapa pemenang Pilbup Solok Selatan. 

Hal itu diungkapkan oleh tokoh masyarakat Sungai Pagu, Syukrial Syukur, Senin (10/8). Menurut tokoh pemekaran Solok Selatan ini, suara masyarakat Sungai Pagu akan menentukan arah Pilkada Solsel yang akan dihelat Desember mendatang. 

Peran penting Sungai Pagu dalam percaturan politik daerah bukan hanya karena kecamatan ini banyak melahirkan tokoh yang berperan dalam pemekaran, tapi juga karena realitas banyaknya pemilih di sini. "Jika ada satu tokoh Sungai Pagu yang maju di Pilkada, maka suara pemilih akan fokus pada calon itu. Dengan dukungan pemilih ini, maka kemenangan akan bisa diraih," ujar Syukrial. 

Data pemilih yang dikeluarkan KPU Solsel akhir 2019 lalu menyebutkan pemilih di Kecamatan Sungai Pagu berjumlah 20 ribu lebih. Termasuk nomor dua terbesar dari seluruh kecamatan yang ada di Solsel. Bila mengacu pada konteks Sungai Pagu lama yang masuk dalam Dapil 3, maka jumlah pemilih di sini mencapai 40 persen lebih dari total pemilih di Solsel. Jadi, jika calon meraih dukungan 100 persen di Sungai Pagu lama, maka bisa dipastikan dia lah yang jadi pemenang Pilkada. 

Saat ini, calon dari tokoh Sungai Pagu belum muncul ke permukaan. Menurut Syukrial, dari dukungan partai yang ada, baru dua pasang calon yang muncul. Sementara, calon dari Sungai Pagu masih mencari-cari kendaraan politik. "Kita berharap ada calon dari Sungai Pagu," harap Ketua Masyarakat Independen Peduli Solsel ini. 

Sejumlah tokoh dari Sungai Pagu menurut Syukrial potensial maju di Pilkada. Namun, kendala saat ini adalah kendaraan politiknya. Syukrial melihat ada sosok yang punya kendaraan politik, yaitu mantan Wakil Bupati Solok Selatan yang kini menjadi anggota DPRD Sumbar, Nurfirmanwansyah. Nurfirmanwansyah yang diakrab dilanggil Anca ini merupakan politisi PKS. Kendaraan PKS sudah pasti di tangannya. Tinggal mencari partai koalisi saja. 

Secara matematis, Sungai Pagu sangat menentukan Pilkada Solsel. Tapi, Syukrial tak ingin terjebak dengan politik primordial. Menurutnya, siapa pun yang maju sebagai calon kepala daerah patut diapresiasi. "Siapa pun, dari wilayah mana pun tak masalah. Yang penting ia membawa misi yang baik dan mampu menjawab harapan masyarakat Solok Selatan," tambah mantan Ketua PWI Solok Selatan ini. 

Sementara itu, secara terpisah disingggung potensi dirinya di Pilkada Solsel, Nurfirmanwansyah menyebutkan sedang membaca situasi. "Jika nanti hanya ada satu calon dari Sungai Pagu lama, maka saya siap mewakafkan diri untuk Solok Selatan," ujar Wakil Ketua Umum DPW PKS Sumbar ini. (arr)