Gusmal Bupati Solok: Data Valid Kunci Utama Kesuksesan Pembangunan -->

IKLAN ATAS

iklan FEED halaman depan

Gusmal Bupati Solok: Data Valid Kunci Utama Kesuksesan Pembangunan

Senin, 31 Agustus 2020
.

Solok, fajarsumbar.com - Data yang valid merupakan kunci utama kesuksesan pembangunan, dengan data yang berkualitas perencanaan pembangunan menjadi lebih tajam dan tepat sasaran, begitupun sebaliknya jika data yang dirujuk tidak valid dan up to date maka kebijakan yang diambil tidak akan menyelesaikan persoalan di masyarakat.

Hal tersebut disampaikan Bupati Solok H.Gusmal, SE.MM dalam kata sambutan saat bertindak sebagai pembina Apel Siaga Sensus penduduk tahap II September 2020 yang bertempat di Lapangan parkir kantor DPRD Kab Solok, Senin (31/08/2020).

Diawal sambutannya, bupati Solok mengucapkan selamat kepada para mitra statistik yang telah terpilih menjadi petugas sensus penduduk september 2020.

"Menjadi petugas sensus adalah tugas mulia, melalui data kependudukan yang berkualitas maka perencanaan dan evaluasi pembangunan serta keputusan yang diambil pemerintah akan tepat sasaran," ungkap bupati.

Disampaikan bupati bahwa pelaksanaan Sensus penduduk 2020, merupakan implementasi dari amanat undang -undang nomor 16 tahun 1997 tentang statistik, serta peraturan pemerintah nomor 51 tahun 1999 tentang penyelenggaraan statistik.

Bupati menekankan bahwa kegiatan sensus penduduk 2020 sangat penting untuk dilaksanakan, dalam rangka menghasilkan data dasar dalam pengambilan kebijakan di berbagai bidang pembangunan berkelanjutan.

Sehubungan dengan sensus penduduk 2020 ini, bupati berikan instruks kepada OPD/Dinas terkait camat beserta jajaranya, walinagari dan kepala jorong agar dapat terlibat aktif dalam sensus penduduk pada bulan september 2020.

Disampaikan bupati instruksi tersebut dikeluarkan agar segenap lapisan masyarakat kabupaten solok mendapatkan informasi yang utuh serta dapat memahaminya,sehingga proses pendataan dilapangan oleh petugas berjalan dengan lancar.

Tak hanya itu dalam apel tersebut bupati mengingatkan, pelaksanaan sensus penduduk 2020 harus mematuhi protokol kesehatan, guna mencegah penularan Covid -19 di Kabupaten Solok.

Kepada para petugas lapangan sensus penduduk 2020, bupati berpesan agar mendata dengan sungguh-sungguh, penuh rasa tanggung jawab, disiplin serta mematuhi SOP yang telah digariskan, sehingga data yang dikumpulkan dilapangan menjadi berkualitas.

Usai Apel Siaga dilaksanakan, kegiatan dilanjutkan dengan pemasangan atribut sensus kepada perwakilan petugas sensus dan pelepasan balon oleh bupati Solok sebagai tanda dimulai sensus penduduk tahap II September 2020. (nr)