Pasar Atas Bukittinggi Dijamin Bebas dari PKL -->

IKLAN-TANAH

iklan halaman depan

Pasar Atas Bukittinggi Dijamin Bebas dari PKL

Rabu, 12 Agustus 2020
H. Asri 

Bukittinggi, fajarsumbar.com - Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan Kota Bukittinggi, menjamin di kawasan Pasar Atas bersih dari Pedagang Kaki Lima (PKL).


Hal ini disampaikan Kadis Koperasi, UKM dan Perdagangan yang diwakili Sekretarisnya, H. Asri kepada fajarsumbar.com di ruang kerjanya, Selasa (12/8/2020).

Menurutnya ada kekhawatiran masyarakat, setelah dioperasikan Pasar Atas ini akan muncul pedagang PKL diseputar pertokoan, seperti nasib yang terjadi di Pasar Konveksi Aur Kuning Bukittinggi.

Pedagang PKL di Aur Kuning pada umumnya mempunyai meja canter di lantai II, namun mereka memilih berjualan di jalan-jalan bahkan sampai ke Terminal Bus Aur Kuning.

Lebih lanjut kata Asri, kekhawatiran masyarakat itu wajar saja. "Dari awal kita sudah mengantisipasi, bahwa seputar kawasan Pasar Atas jangan sampai terjadi parkir liar dan pedagang PKL, dengan mengerahkan petugas keamanan yang siaga 24 jam," ujarnya.

Langkah Dinas Pasar sekarang memberi tahu kepada pedagang, untuk mengosongkan bangunan tempat penampungan pada 25 Agustus 2020. 

Sebahagian  pedagang beralasan sedang  proses permodalan (pinjaman Bank) dan menyiapkan etalase yang akan ditempatinya.

Sehubungan banyaknya PKL yang tidak tertampung di lantai IV pusat pertokoan, direncanakan untuk ditempatkan di kios bekas penampungan. "Bagaimana mekanismenya akan dipersiapkan dulu, paparnya.

Ditambahkan Asri, masalah parkir menggunakan kartu Brizzi BRI, tidak perlu dimasalahkan. Sebab kartu Brizzi berlaku secara nasional, baik untuk parkir di Bukittinggi, masuk objek wisata Kebun Binatang sampai bayar tol di Jakarta bisa digunakan kartu pra bayar ini. (gus)