Irjenad Letjen TNI Mochamad Effendi Takjub Lihat Sejarah Kota Wisata Tambang -->

IKLAN-TANAH

iklan halaman depan

Irjenad Letjen TNI Mochamad Effendi Takjub Lihat Sejarah Kota Wisata Tambang

Minggu, 30 Agustus 2020
Irjenad Letjen TNI Mochamad Effendi, S.E., M.M. (masker putih) dan keluarga saat melihat rantai peninggalan sejarah orang-orang rantai (kerja paksa) di Museum Situs Lubang Tambang Mbah Soero.

Sawahlunto, fajarsumbar.com - Inspektur Jenderal Angkatan Darat (Irjenad) Letnan Jenderal (Letjen) TNI Mochamad Effendi, S.E., M.M. dan keluarga beserta rombongan kunjungi Kota Wisata Tambang Batubara Ombilin Sawahlunto, Minggu (30/8/2020).

Kunjungan Perwira Tinggi (Pati) Angkatan Darat (AD) tersebut adalah kunjungan wisata tempat bersejarah yang berada di sekitaran Sumatera Barat, tepatnya Kota Sawahlunto.

Ia beserta rombongan pun takjub saat  melihat peninggalan bersejarah Warisan Tambang Batubara Ombilin Sawahlunto yang resmi ditetapkan UNESCO sebagai Warisan Dunia.

Museum Situs Lubang Tambang Mbah Soero adalah museum khusus yang terdiri dari Galeri Kotak Info menjadi tempat kunjungan pertama dan ia beserta rombongan pun ikut melihat kedalam Lubang Tambang Mbah Soero yang terletak di kelurahan Tanah Lapang, Lembah Segar, Kota Sawahlunto sebelum bertolak ke Museum Goedang Ransoem dengan berjalan kaki.

Sesampainya di Museum Goedang Ransoem, didampingi Walikota Sawahlunto Deri Asta, ia disuguhkan dengan foto-foto zaman dulu serta dapur umum dimana tempat masak raksasa untuk membuat makanan bagi orang-orang rantai (kerja paksa) dan kebutuhan RSUD Sawahlunto pada zaman dahulunya.

Irjenad Letjen TNI Mochamad Effendi pun mengatakan kepada Walikota Deri Asta bahwa ia juga menyimpan foto-foto hitam putih peninggalan sejarah di Kota Sawahlunto dan sekarang ia benar-benar menyaksikan langsung tempat bersejarah tersebut.

Setelah itu, ia beserta rombongan menuju alun-alunnya Kota Sawahlunto tepatnya kantor PT Bukit Asam untuk foto bersama sebelum menuju ke Museum Kereta Api Mak Itam dan selanjutnya dijamu ke rumah dinas Walikota Sawahlunto untuk temu ramah.

Turut hadir bersama Irjenad Letjen TNI Mochamad Effendi SE,MM beserta istri, Kasrem 032/Wbr Kol Inf Amri Zen beserta Istri, Pasi Ren Mayor Inf Marjoni.

Disambut oleh Dandim 0310/SS Letkol Inf Endik Hendra Sandi,S.Sos,M.I.Pol, Walikota Sawahlunto Deri Asta SH, Anggota DPRD Kota Sawahlunto H. Jhon Reflita SH, Kepala Dinas Kebudayaan Peninggalan Bersejarah dan Permuseuman Halomoan SH.

Selama rombongan berada di wilayah Kota Sawahlunto, Irjenad Letjen TNI Mochamad Effendi dan rombongan sangat terkesan dengan suasana tempat-tempat wisata tambang yang bersejarah di Kota Sawahlunto dan tak lupa rombongan mengucapkan terimakasih kepada pemerintah Kota Sawahlunto yang telah memfasilitasi kegiatan selama berada di tempat  wisata tambang yang menjadi warisan dunia tersebut. (ton)