Kemenhan Buka Pendaftaran Komponen Cadangan, Ini Syaratnya -->

IKLAN-TANAH

iklan halaman depan

Kemenhan Buka Pendaftaran Komponen Cadangan, Ini Syaratnya

Senin, 10 Agustus 2020
.

Sawahlunto, fajarsumbar.com Kementerian Pertahanan (Kemenhan) membuka pendaftaran program latihan Komponen Cadangan (Komcad) bagi masyarakat Indonesia. Komponen ini memperkuat komponen utama pertahanan jika negara berada dalam keadaan bahaya atau darurat.

Dandim 0310/SSD Letkol Inf Endik Hendra Sandi, S.Sos. M.I.Pol, melalui Danramil 01/Sawahlunto Mayor Inf Irwan Basukiono S.Ag melaksanakan Sosialisasi Komponen Cadangan kepada warga binaan, ASN dan masyarakat wilayah Kota Sawahlunto bertempat di Aula Koramil 01/Sawahlunto Kelurahan Lubang Panjang, Kecamatan Barangin, kota Sawahlunto, Senin (10/8/2020) siang.

Adapun peserta yang hadir dalam Sosialisasi Komponen Cadangan ini sebanyak 35 orang antara lain, 2 orang ASN, 3 orang tokoh pemuda, 25 orang warga binaan ditambah 5 orang Babinsa.

"Komponen ini merupakan komponen utama pertahanan bila negara dalam keadaan bahaya atau darurat dan calon komponen cadangan ini adalah warga negara Indonesia yang minimal berusia 18 tahun dan maksimal 35 tahun dan di tugaskan bila keadaan negara dalam keadaan darurat dan sesuai persetujuan Presiden RI dan DPR," ujar Danramil saat sosialisasi.

Dengan diadakannya Sosialisasi Komponen Cadangan dalam perekrutan para pemuda di kota Sawahlunto untuk ikut pelatihan Komponen Cadangan (Komcad) pertahanan negara dan diharapkan bisa memperkuat pertahanan Nasional bila negara dalam keadaan darurat dan nantinya bisa menjadi contoh di masyarakat agar masyarakat lebih cinta tanah air.

Berikut persyaratannya:
Persyaratan umum
1. WNI
2. Usia minimal 18 hingga 35 tahun pada saat buka pendidikan 14 September 2020.
3. Tidak memiliki catatan kriminalitas.
4. Sehat jasmani dan rohani.

Persyaratan lain
1. Laki-laki bukan anggota prajurit TNI/Polri.
2. Berijazah Minimal SD/sederajat.
3. Terbuka bagi mahasiswa, pegawai swasta dan PNS.
4. Bersedia di mobilisasi ke seluruh wilayah NKRI.
5. Mengikuti seleksi yang diselenggarakan oleh panitia (Min, Kes, Jas, Litpers dan Psi).

Kalender Kegiatan
- 1 hingga 31 Agustus 2020 Pendaftaran (Koramil 01/Sawahlunto).
- 30-31 Serpas Kodim ke Korem
- 1 hingga 13 September 2020 seleksi.
- 14 September 2020 pengumuman.
- 14-15 September 2020 Serpas ke Lemdik di Markas Komando Resimen Induk (Rindam) I/Bukit Barisan di Kota Pematangsiantar, Sumatera Utara.
- 16 September 2020 buka pendidikan.
- 16 September hingga 13 Oktober 2020 pendidikan.
- 14 Oktober 2020 tutup pendidikan.

Selanjutnya hak-hak Komponen Cadangan yaitu uang saku, perlengkapan perseorangan lapangan, perawatan kesehatan, jaminan kecelakaan kerja dan kematian, tunjangan operasi saat mobilisasi, penghargaan. 

"Komponen cadangan bukan tentara tapi rakyat yang terlatih. Kalau ada saudara-saudara kita mau ikut silahkan daftar. Sementara kita catat dulu bagi yang mau mendaftar di Koramil 01/Sawahlunto," ucapnya menyampaikan. (ton)