Mengurus Advice Planning Gratis, Syaratnya Jangan Gunakan Jasa Calo -->

IKLAN-TANAH

iklan halaman depan

Mengurus Advice Planning Gratis, Syaratnya Jangan Gunakan Jasa Calo

Rabu, 12 Agustus 2020
Jeneri 

Bukittinggi, fajarsumbar.com - Pengurusan  advice planning atau surat rekomendasi teknis diberikan gratis kepada warga. Sebaiknya saat mengurus surat tersebut tidak menggunakan calo.

Advice planning (AP) adalah keterangan rencana tata kota/kabupaten bagi warga yang ingin membangun sebuah bangunan. Hal tersebut dilakukan agar supaya bangunan tata kota teratur dan tidak semberawut

Hal itu disampaikan Kepala Tata Ruang Dinas PU, Bukittinggi Jeneri kepada fajarsumbar.com di ruangan Kantor, Belakang Balok, Rabu (12/8/2020).

Menurutnya masyarakat berpikir atau belum tahu, bahwa pengurusan advis plening itu tidak sulit dan bebas dari bayaran.

Sehingga masyarakat sering mempergunakan jasa orang lain, celakanya  kalau persaratan administrasi belum lengkap, yang datang mencak-mencak orang yang mengajukan advis plening.

Menuding kalau pengurusan advis plening terlalu lama, padahal sudah banyak membayar, padahal "Kita jelaskan, bahwa pengurusan Advis Plening garatis", ujarnya.

Lebih lanjut kata Jeneri, kapada masyarakat untuk  segera mengurus Advis Plening, walaupun tanahnya belum ada rencana pembangunan.

Hal ini berguna sekali, bagi tata ruangan dan rencana kedepan. Misalnya sebelum membeli tanah, dapat memperoleh informasi dari peruntukan tanah yang akan dibeli.

Apakah tanah ini diperuntukan bagi perumahan,  pertokoan atau pertanian,  begitu juga dalam pembukaan jalan baru bagi pemilik tanah yang terletak dibelang.

"Kita telah menyurati Badan Pertanahan Nasional (BPN). sebelum dikeluarkan Sertifikat Tanah,  berpedoman kepada Advis Plening.

Kejadian yang terjadi dimasyarakat saat ini, setelah sertfikat keluar. Ternyata dikeluarkan jalan 1 meter, ternyata setelah daerah tersebut berkembang mobil tidak dapat masuk sampai kerumahnya.

Belakangan timbul masalah baru, pada umumnya mereka mempunyai mobil, dan inilah salah satu penyabab banyaknya mobil parkir dipinggir jalan, ungkapnya.(gus)