Nahkoda Baru Pemuda Muhammadiyah Sumbar Siap Jawab Tantangan Dakwah -->

IKLAN ATAS

iklan FEED halaman depan

Nahkoda Baru Pemuda Muhammadiyah Sumbar Siap Jawab Tantangan Dakwah

Senin, 31 Agustus 2020
(Pengurus PWPM Sumbar periode 2018-2022 usai dilantik Ketum Pemuda Muhammadiyah secara virtual)

Solok, fajarsumbar.com - Pengurus Pimpinan Wilayah Pemuda Muhammadiyah (PWPM) Sumatra Barat (Sumbar) periode 2018-2022 resmi dilantik Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Pemuda Muhammadiyah Sunanto, secara virtual di Hall Universitas Muhammadiyah Sumbar (UMSB) di Kota Padang, Minggu (30/8/2020).

Ketua PWPM Sumbar baru ini merupakan hasil musyawarah wilayah (Muswil) ke XVI yang berlangsung pada tanggal 19-22 Desember 2019 di Kabupaten Pesisir Selatan. 


Para pengurus ditetapkan sesuai Surat Keputusan Pimpinan Pusat Pemuda Muhammadiyah nomor 1.5/307/1441 H tertanggal 18 Ramadhan 1441 H yang bertepatan dengan 11 Mei 2020.

Dalam sambutannya, Sunanto mengatakan, Pemuda Muhammadiyah merupakan organisasi otonom Muhammaadiyah, yang gerakannya berlandaskan alquran dan hadits.

"Organisasi ini merupakan jalan dakwah untuk menyerukan yang makruf dan menjauhi yang mungkar," ungkap Sunanto.

"Selamat menyandang amanah pengurus PWPM Sumbar. Jalankan dan gerakkanlah pemuda Muhammadiyah," harapnya.

Menurut Sunanto, ada lima pondasi utama dalam gerakan pemuda Muhammadiyah. Pertama, menjadikan tauhid sebagai landasan pergerakan yang berpedoman kepada Nabi Muhammad SAW.

"Jadikan Pemuda Muhammadiyah wujud khalifah fil Ardh, senantiasa bersyarikat dalam kebajikan, dan teruslah berinovasi serta mengasah kreatifitas dalam menjalankan organisasi," harapnya.

Senada dengan itu, mantan Ketua PWPM Sumbar Muhayatul mengatakan, pemuda Muhammadiyah memiliki peranan penting dalam mensyiarkan dakwah Islam.

Mahyatul berharap, pengurus PWPM hari ini mampu mewujudkan program kerja yang selaras dengan kondisi hari ini.

"Semoga mampu merealisasikan tujuan pemuda Muhammadiyah sesuai tuntutan zaman hari ini," harap Ketua PWPM Sumbar periode 2014-2018 itu.

Harapan yang sama juga disampaikan Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Sumbar, Shofwan Karim Elhussein.

Menurutnya, pemuda Muhammadiyah adalah aset berharga dan cadangan penerus perjuangan Muhammadiyah di masa mendatang.

Shofwan Karim Elhussein juga berharap, pemuda Muhammadiyah mampu merespon kondisi terkini yang sedang berlangsung di tengah masyarakat, terutama warga persyarikatan.

"Pemuda Muhammadiyah harus mengasah potensi diri menjadi lebih baik, serta tetap terus membenahi akhlak yang menjadi cerminan diri," tuturnya.

Sementara itu, Ketua PWPM Sumbar Deri Rizal dalam kesempatan itu menyampaikan, dia dan jajaran pengurus yang baru akan terus melanjutkan program dan kegiatan yang telah dilaksanakan dan dirintis pengurus PWPM sebelumnya.

"Kami juga akan mengimprovisasi, meningkatkan kreativitas dan dinamisasi gerakan untuk menjawab tantangan dakwah masa depan dalam kondisi yang multikompleks," ujarnya.

Deri Rizal berharap, semua program yang kelak digulirkan, mendapat dukungan penuh dari Muhammadiyah baik itu di tingkat wilayah maupun tingkat daerah.

"Kami juga sudah menggelar Rapimpil untuk merumuskan gerakan ke depan. Semoga semua target kami tercapai dan didukung ayahanda di Muhammadiyah," pungkasnya. (nr)