PLN Peduli Salurkan Bantuan Pengembangan Kebun Produksi Minyak Serai Wangi -->

IKLAN-TANAH

iklan halaman depan

PLN Peduli Salurkan Bantuan Pengembangan Kebun Produksi Minyak Serai Wangi

Kamis, 06 Agustus 2020
Penyerahan CSR PLN Peduli kepada kelompok tani Atsiri Berkat Yakin Desa Balai Batu Sandaran.

Sawahlunto, fajarsumbar.com - PT PLN (Persero) Unit Pelaksana Pembangkit Ombilin salurkan dana Rp50 juta untuk membantu pengembangan kebun produksi minyak serai wangi kelompok tani Atsiri Berkat Yakin di Desa Balai Batu Sandaran, Kecamatan Barangin, Kota Sawahlunto, Sumatera Barat.

Bantuan ini melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) PLN Peduli yang digunakan untuk pengembangan dan pembudidayaan serai wangi yang mana salah satu kelompok tani ini telah memenuhi persyaratan dan kriteria setelah dievaluasi pihak PLN dalam pengelolaannya.

Manager PLN UPK Ombilin Daryanto melalui Hubungan Masyarakat (Humas) PLTU Ombilin Ahmadi mengatakan bahwa pihaknya berharap agar bantuan ini dapat membantu kelompok tani untuk memanfaatkan secara optimal kegiatan Usaha yang dikelola, serta dapat menunjukkan bahwa bantuan ini berguna bagi masyarakat untuk kesejahteraan kelompok taninya.

Meninjau pabrik pengolahan minyak serai wangi.

"Karena CSR sendiri fungsinya sebagai  bentuk program kepedulian lingkungan yg bersifat Pemberdayaan untuk meningkatkan ekonomi kerakyatan, dan memberikan kesejahteraan pada masyarakat yang menerima, sehingga hal ini menjadi perhatian kita bersama untuk  kedepannya," tuturnya di kantor Camat Barangin, Kamis, (6/8/2020).

Dijelaskan Ahmadi, PLN Peduli hadir untuk masyarakat, pada pelaksanaannya bilamana kelompok tani dapat menunjukkan program ini berhasil, tidak tertutup kemungkinan bantuan akan tetap dilanjutkan kedepannya secara berkesinambungan untuk manfaat yang lebih luas. 

Produk Serai wangi.

"Sepanjang kelompok tani dapat menunjukkan komitmennya dan dapat mengelola dengan baik dan penuh tanggung jawab serta secara rutin memberikan laporan pada kami, hal ini akan menjadi poin penting untuk evaluasi berikutnya," ucapnya.

Untuk program program lain Sepanjang konsep yang ditawarkan bagus dan secara evaluasi layak untuk dibantu, maka tidak menutup kemungkinan usulan program akan diterima, selanjutnya bagi masyarakat mitra binaan CSR PLN Peduli hendaknya dapat menjadi agen perubahan untuk menyuarakan hal-hal positif terkait keberadaan PLTU Ombilin, bahwa pihaknya hadir dan peduli terhadap masyarakat sekitar. 


"Sehingga harapan kami antara PLTU Ombilin dan masyarakat dapat tercipta hubungan emosional yang kuat,  masyarakat dapat saling bersinergi dan berkoordinasi dengan baik terhadap PLTU ombilin," tandasnya.

Sementara itu, Camat Barangin Subandi Arpan mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya atas bantuan CSR PLTU Ombilin kepada kelompok tani serai wangi di Desa Balai Batu Sandaran.

Yang mana kata Subandi, Serai wangi ini berkualitas ekspor dan berskala internasional, bahkan Singapura sendiri sangat bergantung kepada produk minyak serai wangi.


"Setiap desa harus ada produk unggulan untuk meningkatkan perekonomian berskala desa. Jangan bergantung kepada dana pusat, karena dana pusat hanya pancingan untuk desa bisa membangun secara mandiri kedepannya," harapnya kemudian.

Kepala Desa Balai Batu Sandaran Nasirwan juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada pihak PLTU Ombilin atas responnya terhadap perkebunan dan pengolahan minyak serai wangi dalam peremajaan serai wangi dengan kualiti ekspor.


Dari 20 hektar lahan, Nasirwan mengatakan bahwa saat ini ada 2 hektar indukan serai wangi dan 6 hektar yang terkelola. Sedangkan 14 hektar lagi, serai wangi sudah menua dan sangat perlu peremajaan untuk dapat meningkatkan produksi kedepannya.

"Berskala ekonomi kerakyatan, serai wangi ini sudah ada sejak tahun 2004 dan kedepannya dapat membuat produk turunan minyak serai wangi untuk meningkatkan perekonomian masyarakat desa," ungkapnya.

Tandatangani

Diharapkannya kepada pihak PLTU Ombilin, semoga hubungan yang baik ini selalu tercipta kedepannya demi meningkatkan perekonomian untuk kesejahteraan masyarakat Sawahlunto umumnya. (ton)

Ruang rapat