Resmikan Internet Untuk Warga Terpencil, Ini Pesan Dandim Pati -->

IKLAN-TANAH

iklan halaman depan

Resmikan Internet Untuk Warga Terpencil, Ini Pesan Dandim Pati

Sabtu, 08 Agustus 2020
.

Pati, fajarsumbar.com - Dalam kegiatan  bakti sosial kali ini adalah berupa pemasangan jaringan internet (wifi) untuk belajar online bagi siswa-siswi yang terdampak covid-19 di Dukuh Morotoko untuk membantu memperlancar proses kegiatan belajar dan mengajar berbasis internet (daring) yang diresmikan oleh Dandim 0718/Pati Letkol Czi Adi Ilham Zamani, SE,M.I.Pol  sekaligus meninjau kegiatan pembelajaran daring yang dipusatkan dirumah Suwaji Dukuh Morotoko Rt.02/02. Sabtu,(08/08/2020)
.

Menurut penuturan Rakimin kepala Desa Wateshaji saat menghadiri acara tersebut, bahwa Dukuh Morotoko merupakan salah satu pedukuhan di Desa Wateshaji yang terpencil karena berada ditengah hutan serta pegunungan yang mengitari pedukuhan tersebut, bahkan untuk menuju ke balai Desa Wateshaji saja berjarak sejauh 8 km dengan rute perjalanan yang berkelok- kelok ditengah hutan sehingga membutuhkan perjuangan ekstra.
"Untuk akses internet di Dukuh Morotoko karena letak geografisnya dipedalaman tentunya sangat sulit jaringan internet ataupun sinyal HP. Saya mewakili khususnya penduduk pedukuhan Morotoko berterima kasih kepada Kodim Pati yang telah membantu memasang jaringan wifi untuk siswa yang terdampak covid-19. Dengan bantuan ini sangat membantu dan harapan kami tentunya apabila masih ada bantuan lagi kami tetap mengharap karena kondisi wilayah dan juga perekonomian warga di dukuh Morotoko,”Tutur Rakimin.

Dalam kesempatan tersebut  Dandim Pati mengatakan bahwa pandemi Covid-19 yang sudah dirasakan selama 5 bulan terahir ini mempengaruhi berbagai sektor termasuk di dunia pendidikan mulai dari SD sampai Perguruan Tinggi dan dikhawatirkan dapat mempercepat penularan virus ini sehingga diambil kebijakan pembelajaran secara online (daring). Namun ini semua dibutuhkan sarana dan prasarana pendukung seperti kertersediaan jaringan internet secara umum dan kemampuan individu.
“Kita sadari di negara kita ini belum semuanya jaringan internetnya bagus atau belum merata karena kontur wilayah yang berbukit-bukit dan juga jauhnya dari perkotaan sehingga mempengaruhi hal tersebut, dan dengan adanya program dari Kodim ini kita bisa memberikan bantuan kepada adik-adik semua berupa pemasangan jaringan internet (wifi),”Terang Letkol Adi.

Ia juga menambahkan bahwa nantinya akan ada lagi bantuan serupa yang akan diberikan Kodim Pati tentunya menunggu laporan dari Babinsa dan Komandan Koram8il diseluruh jajaran apabila diwilayahnya mengalami kesulitan mengakses internet seperti di Dukuh Morotoko Insya Allah akan kami dukung, saya harapkan internet ini dapat dipergunakan sebaik-baiknya untuk dan pergunakan untuk hal yang positif ”Imbuhnya.

Sementara itu Sutopo Kepala sekolah SD Lumbungmas 02 Kecamatan Pucakwangi menyampaikan apresiasi serta ucapan terimakasih kepada Kodim Pati yang memberikan bantuan jaringan internet menurutnya karena kebanyakan yang menikmati akses tersebut adalah anak didiknya walaupun lain desa namun anak-anak Dukuh Morotoko tersebut bersekolah di SDN 02 Lumbungmas dikarenakan jarak menuju sekolah di Desa Wateshaji jauh serta perjalanan yang bisa membahayakan karena melewati hutan dan pegunungan sejauh 8 KM.
"Dengan bantuan dari Kodim Pati ini sangat bermanfaat untuk anak-anak karena sinyal HP sulit sekali bahkan harus naik ketinggian dulu untuk bisa mendapatkan sinyal,”Terang Sutopo. (Snpt/Pendim)