Sambut HUT RI ke-75, Giat Pemuda Jorong Tabek Pala Diapresiasi -->

iklan halaman depan

Sambut HUT RI ke-75, Giat Pemuda Jorong Tabek Pala Diapresiasi

Minggu, 02 Agustus 2020
Panitia persiapan perayaan HUT RI ke-75 Tahun 2020 Pemuda Pemudi Jorong Tabek Pala, Nagari Talang, Kec.Gn.Talang, Kab.Solok, Minggu (02/08/2020) di Posko Balai Lambah

Solok, fajarsumbar.com - Bertajuk "Indonesia Maju", adalah tema peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke 75 Kemerdekaan RI Tahun 2020. Tampak semangat persiapan perayaan hari bersejarah RI tersebut, diperlihatkan kembali Pemuda Pemudi Jorong Tabek Pala Nagari Talang, Kec.Gn.Talang, Kab.Solok.

Kendatipun masih 16 hari lagi menjelang 17 Agustus 2020 tiba, hari dimana peringatan Detik detik Proklamasi Kemerdekaan RI dikumandangkan, namun berbagai persiapan tampak sudah mulai dilakukan pemuda pemudi Jorong Tabek Pala, Minggu (02/08/2020).

Mulai dari persiapan berbagai Pernak pernik dan aksesoris bercorak-kan merah putih, terlihat sudah dipersiapkan para pemuda jorong tersebut, untuk meriahnya perayaan HUT ke-75 Kemerdekaan RI tahun 2020 yang kali mengambil tema "Indonesia Maju".

Aksesoris merah putih tampak dipersiapkan para pemuda untuk menyemarak-kan Balai Lambah sebagai pusat acaranya, bahkan saat ini bendera berbahan plastik merah putih tersebut, semarak menghiasi sepanjang jalan Jorong Tabek Pala.

Setiap kali perayaan tanggal 17 Agustus tiba, setidaknya dalam 2 Dekade terakhir ini, Jorong Tabek Pala tak pernah Absen memeriahkannya. Begitu hal tersebut disampaikan warga Jorong Tabek Pala Talang, N Rama di Balai Lambah.

Kepada media fajarsumbar.com ia mengatakan, biasanya, panitia yang telah dibentuk untuk pelaksanaannya, selanjutnya akan menggelar perlombaan dengan berbagai hadiah menarik dari panitia untuk peserta, mulai dari tingkat anak, remaja dan dewasa," Ungkapnya.

"Perlombaan panjat pinang misalnya, sebagaimana lazimnya perlombaan tersebut, digelar dalam setiap perayaan Kemerdekaan Indonesia, setidaknya di Jorong Tabek Pala, tidak kurang Dua batang pinang setiap tahunnya dipersiapkan pemuda, untuk memeriahkan perayaannya," jelasnya.

"Mengenai hadiah tak perlu barang mahal, yang penting ada hadiahnya," ujar salah seorang warga Tabek Pala lainnya yang tidak mau menyebutkan namanya.

"Yaa,.hadiah itu nomor 2,..karena tujuan utamanya adalah mewujudkan rasa kebersamaan, kebersamaan sebagai satu kesatuan masyarakat Jorong Tabek Pala, merasakan kemeriahan perayaan Kemerdekaan Indonesia dengan hadiah sederhana, cukup menarik," ujar N.Rama menimpalinya.

"Intinya, mewujudkan kebersamaan, Sakabek Arek sebagaimana filosofi Kepemudaan Jorong Tabek Pala itu sendiri," Sambungnya.

"Mengenai anggarannya, setiap kali pelaksanaan perayaan Kemerdekaan tiba, hadiahnya bisa datang dari mana saja," ungkapnya.

"Misalnya dari iuran wajib anggota organisasi kepemudaan, partisipasi anggota dewan, sumbangsih dari tokoh masyarakat dan donasi lainnya yang tidak mengikat," jelasnya.

"Patut kita menyampaikan disini bahwa, perayaan Kemerdekaan RI ke-75 tahun 2020, dimana perayaannya kali ini dilaksanakan oleh pemuda pemudi kelahiran tahun 2000 s.d  2005" tuturnya.

"Namun begitu, setiap giat dan perlombaan yang digelar pemuda, kita harapkan dilaksanakan dibawah pendampingan para senior yang ada," harapnya.

"Sudah sepatutnya, semangat Kepemudaan Jorong Tabek Pala Talang dalam 2 Dekade terakhir hingga saat ini, diberikan apresisasi berbagai pihak," ujarnya.

"Tentunya, kelancaran setiap perayaan Hari Kemerdekaan RI ke 75 tahun 2020, khususnya di Jorong Tabek Pala tidak terlepas dari apresiasi dan partisipasi dari masyarakat, tokoh, cadiak pandai dan Pemerintahan Nagari Talang itu sendiri, Pemda, Lembaga, dan Instansi yang ada di Kab.Solok," harapnya.

"Kita berterima kasih akan hal itu, dan berharap ke depan apresiasi serta partisipasi dari berbagai pihak, dapat menambah semangat pemuda dan pemudi Jorong Tabek Pala, untuk terus belajar dan menghargai, serta mengisi dan merenungkan bahwa, Kemerdekaan ini merupakan buah perjuangan rakyat bersama pahlawan, yang mereka raih dengan tetesan darah dan tebusan nyawa," ungkapnya.

"Maka, tentu sudah sepatutnya sebagai generasi milenial yang beradab, dalam me-meriahkan HUT ke-75 RI tahun 2020 ini, tidak lagi dihebohkan dengan menggelar pertunjukan Dangdut Koplo atau acara-acara yang tidak mengedukasi generasi dan masyarakat, bahkan acara acara yang dinilai dapat menghilangkan jati diri Pemuda sebagai Paga Nagari, tidak usah saja digelar lagi" pesannya.

Aldi Ramadhan selaku Ketua Panitia pelaksana perayaan HUT RI ke-75 tahun 2020 Jorong Tabek Pala, kepada media fajarsumbar.com menyapaikan bahwa tahun ini Kepemudaan Jorong Tabek Pala, selain dari panjat pinang, juga akan menggelar berbagai perlombaan, khususnya perlombaan untuk anak-anak dan tingkat remaja.(nr)