Satu Hari 2 Kebakaran Hebat di Bukittinggi, Tidak Ada Korban Jiwa -->

IKLAN-TANAH

iklan halaman depan

Satu Hari 2 Kebakaran Hebat di Bukittinggi, Tidak Ada Korban Jiwa

Jumat, 07 Agustus 2020
Mobil Damkar Bukittinggi dikerahkan ke Tarok Dipo Bukittinggi.

Bukittinggi fajarsumbar.com
- Dalam satu hari terjadi dua kebakaran hebat di Kota Bukittinggi. Pertama di Padang Gamuak Kelurahan Tarok Dipo, Kecamatan Guguak Panjang, kedua Kebakaran di Kelurahan Parit Antang Kecamatan Aur Birugo Tigo Baleh, dalam peristiwa ini tidak ada korban jiwa.


Hal itu dibenarkan Kabid Ops Damkar Bukittinggi Susilo kepada fajarsumbar.com di Mako Damkar Jumat (7/8/2020).

Kebakaran di Padang Gamuak, akibat dari pembakaran sampah bekas gotong royong ditinggal begitu saja oleh warga. 

Cuaca panas ditambah angin kencang membuat api merembet ke rumpun bambu. Api sempat membesar yang dapat mengancam rumah warga di sekitarnya.

Cepatnya laporan dari warga sekitar pukul 15.40 WIB, personil Damkar hanya dalam tempo 10 menit telah berada di lokasi.

Api dapat dipadamkan dalam waktu singkat peristiwa ini tidak ada korban jiwa, dan harta. Hanya kerugian ditaksir ratusan juta rupiah.

Kebakaran kedua terjadi di Parik Antang pukul 17.40 WIB. Seorang warga yang bernama Astuti (27) pemilik lahan, membakar sampah di dekat rumpun bambu. 

“Kencangnya angin, cuaca cukup panas,  api tidak dapat dikendalikan, sehingga melebar kerumpun bambu, seperti kebakaran sebelumnya personil Damkar Bukittinggi berhasil mengatasinya, Alhamdulillah juga tidak terjadi korban jiwa kerugian meteri nihil," tambahnya.

Ia mengimbau kepada warga, karena telah memasuki musim kemarau, agar selalu waspada terhadap bahaya kebakaran.

Ia juga kembali mengingatkan kepada ibu rumah tangga saat memasak agar hati-hati, jangan tingkalkan kompor dalam keadaan menyala. Jangan terlalu banyak menyambung listrik pada seklar.

Begitu juga saat membakar sampah jangan ditinggalkan begitu saja, kalau sudah selesai lebih baik disiram untuk memastikan, api memang sudah padam, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. (gus)