Sumbar Tingkatkan Produksi Padi demi Amankan Stok Beras Selama Pandemi Covid-19 -->

IKLAN-TANAH

iklan halaman depan

Sumbar Tingkatkan Produksi Padi demi Amankan Stok Beras Selama Pandemi Covid-19

Rabu, 12 Agustus 2020
.

Padang, fajarsumbar.com - Kepala Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Sumbar Syafrizal menyebutkan, Pemprov Sumbar mengimplementasikan cepat gerakan guna meningkatkan produksi padi. 

Hal itu dimaksudkan untuk mengamankan stok agar pandemi Covid-19 tidak berdampak pada ketersediaan beras. 

Menurut Syafrizal, Kementan bersama Gubernur Sumbar Irwan Prayitno melakukan gerakan percepatan tanam di Kabupaten Padang Pariaman.

Pada kesempatanitu, katanya, Irwan Prayitno meminta masyarakat memaksimalkan pemanfaatan lahan pertanian. 

Pemerintah daerah dibantu pemerintah pusat yakni Kementan akan memberikan dukungan maksimal kepada kelompok tani yang mau bekerja giat dalam memenuhi kebutuhan pangan masyarakat. 

"Jangan sampai ada lahan yang tidak dimanfaatkan. Pemerintah siap membantu petani. Kita dukung percepatan tanam agar ketersediaan pangan terjamin aman di tengah ancaman dampak pandemi korona," katanya, Rabu (12/8/2020).

Menurutnya, walaupun terjadi surplus produksi benih, bukan berarti tidak meningkatkan produksi lagi. Karena hasil surplus ini sebenarnya dapat dimanfaatkan oleh petani di provinsi lainnya seperti ke Riau, Kepri, dan daerah lainnya. 

"Penanaman pada hari ini dilakukan di lahan seluas 3 hektare (ha) dengan potensi tanam 35 ha. Petani di sana lebih menyukai varietas lokal Putiah Papanai dengan produktvitas 5,2 ton per ha," terang Ali.(hms-pemprov/ab)