Tim Verifikasi BNPB Pusat Tinjau Jembatan Gantung yang Hanyut di Solsel -->

IKLAN-TANAH

iklan halaman depan

Tim Verifikasi BNPB Pusat Tinjau Jembatan Gantung yang Hanyut di Solsel

Jumat, 07 Agustus 2020
Tim verifikasi BNPB pusat, saat berada diatas perahu air untuk menuju Jorong Batu Batupang Talantam.

Solsel, fajarsumbar.com - Menjawab keluhan anggota DPRD Solok Selatan Dapil 3 Sangir Batang Hari Syafril beberapa hari yang lalu di sebuah media mengatakan pihaknya kecewa karena belum juga ada bantuan perbaikan jembatan gantung di Jorong Batu Batupang Talantam pasca banjir 2019 lalu.

Dalam hitungan hari, tim BNPB, BPBD Provinsi Sumatera Barat dan BPBD Solok Selatan langsung turun kelokasi jembatan gantung tersebut, dengan menggunakan transportasi air (tempek), ke lokasi pasca banjir akhir tahun 2019 lalu itu memakan waktu tempuh lebih kurang dua jam pulang pergi.

Selama dalam perjalanan rombongan merasa senang, karena sebagian tim belum pernah naik tempek yang penuh rintangan sesekali diterjang air deras dan ombak.

Setibanya dilokasi rupanya rombongan tim verifikasi rehabilitasi dan rekontruksi BNPB sudah ditunggu oleh warga setempat dan rombongan langsung melihat kondisi jembatan gantung yang putus akibat hantaman banjir akhir tahun 2019 lalu itu.

Jembatan gantung dengan panjang lebih kurang 90 meter itu sangat berguna untuk jalur transportasi masyarakat, apalagi didekat lokasi itu ada sarana pendidikan dan kesehatan.

Sudirman, salah seorang warga Jorong Batu Batupang Talantam kepada rombongan mengatakan. Ini merupakan urat nadi masyatakat dipedalaman untuk melakukan kegiatan sehari hari, bahkan yang paling mbituhkam adalah untuk anak anak sekolah.

Semenjak jembatan ini putus, anak anak pergi sekolah harus menyeberangi sungai yang luas, beruntung sekarang dimasa pandemi ini anak anak belum mengikuti proses belajar dan mengajar.

Sementara itu kepala Kalaksa BPBD Solok Selatan Richi Amran menjawab keluhan sejumlah warga LUAS itu, pihak kami BPBD Solok Selatan, telah berupaya dan berusaha untuk memperbaiki segala sarana dan prasarana yang rusak akibat banjir, termasuk didaerah Talantam ini.

Dan sudah kami masukan dalam usulan rehabilitasi dan rekonstruksi, makanya tim verifikasi dari BNPB pusat didampingi BPBD Provinsi Sumbar mendatangi lokasi jembatan gantung Talantam ini.

Namun kita sama sama berharap agar usulan kita ini diprioritaskan oleh BNPB pusat, menginggat semua usulan kita ini sama sama dibutuhkan. (Abg)