Usai Idul Adha Terjadi Lonjakan Kasus Positif Covid 19 di Sumbar -->

IKLAN-TANAH

iklan halaman depan

Usai Idul Adha Terjadi Lonjakan Kasus Positif Covid 19 di Sumbar

Jumat, 07 Agustus 2020


(ilustrasi)

Padang, fajarsumbar.com - Di Sumatera Barat, penyebaran virus corona Covid-19 sempat melandai beberapa minggu lalu. Kemudian sejak Hari Raya Idul Adha 2020 kasus terkonfirmasi kembali melonjak.

Jika sebelum hari raya jumlah penambahan pasien per hari rata-rata di bawah 10 orang, maka kini rata-rata penambahan belasan orang per hari.

Tercatat pada 31 Juli 2020, penambahan sehari 41 orang, dan hari ini Rabu 5 Agustus 2020 terdapat penambahan 20 orang.

Kini, data terbaru total pasien positif corona di Sumbar telah menembus angka 1.006 orang, kemudian total sembuh 776 orang, dan meninggal sebanyak 34 jiwa.

"Penambahan pasien positif memang naik beberapa hari terakhir, paling banyak pada Hari Raya Idul Adha," kata Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Virus Corona Covid-19 Sumbar Jasman Rizal, (5/8/2020).

Namun demikian, lanjutnya, hingga kini positivity rate di Sumbar, berada di angka 1,54 persen. Dirinya mengklaim, angka tersebut masuk yang terbaik senasional.

"Sudah 65.145 orang yang diambil sampelnya di provinsi ini," ujarnya.

Sementara Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno mengatakan kasus positif Corona di Sumbar hingga saat ini masih dapat dikontrol. Kemudian penelusuran secara maksimal terhadap kasus positif baru juga masih dilakukan.

"Virus ini belum ada obatnya, kemudian masyarakat juga banyak yang tidak mematuhi protokol kesehatan," ujar gubernur sebagaimana dikutip pada liputan6.com.

Dengan melakukan tracking secara cepat, Irwan optimis virus corona bisa dikendalikan karena hal itu sudah dibuktikan.

"Tingkat kesembuhan di Sumbar sudah 84 persen lebih, tidak usah khawatir," ia menambahkan. (*)