Bimbingan Teknis untuk Guru Ngaji Sangat Penting -->

IKLAN-TANAH

iklan halaman depan

Bimbingan Teknis untuk Guru Ngaji Sangat Penting

Rabu, 16 September 2020
Kegiatan bimbingan teknis dan manajemen untuk guru TPSA, MDA dan Pondok Tahfidz Al-Qur'an se-Nagari Padang Toboh Ulakan, Kecamatan Ulakan Tapakih, Kabupaten Padang Pariaman.

Ulakan, fajarsumbar.com
 
- Pendidik yang berkualitas dan memiliki kompetensi dalam mengajarkan Al-Qur'an akan menciptakan generasi penerus Ulama, Hafidz dan Hafidzah yang bermutu menghadapi perkembangan zaman di era global ini.

Demikian dikemukakan Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Ulakan Tapakis Kabupaten Padang Pariaman Muhammad Amin, S.Ag dalam pengarahannya ketika membuka Bimbingan Teknis Guru MDA, TPA/TPSA dan Pondok Tahfidz Al-Qur'an di Aula Kantor Wali Nagari Padang Toboh Ulakan, Kecamatan Ulakan Tapakih, Rabu.(16/09/20).

Untuk itu, kata Muhammad Amin agar peserta Bimtek dapat mengikuti dengan serius. Beragam hal-hal baru yang akan disampaikan narasumber nantinya. 

Menurut dia, pelaksanaan Bimtek teruntuk Guru MDA dan Pondok Tahfidz Al-Qutan adalah memberikan suplemen dan motivasi kepada para ustadz dan ustadzah. Sehingga ia tetap kuat dan istiqamah dalam mengajarkan nilai-nilai yang terkandung dalam Al-Qur'an.

"Tenaga pengajar Al-Quran yang berkualitas dan memiliki kompetensi di bidangnya akan melahirkan produk yang berkuitas pula.  Untuk itu ikutilah secara seksama kegiatan Bimtek hingga selesai nantinya" harap Kepala KUA itu. 

Wali Nagari Padang Toboh Ulakan Bakhri melaporkan kegiatan ini didukung sepenuhnya dari dana Nagari. Kita akan tetap memprogramkan kegiatan Bimtek setiap tahun dengan melakukan evaluasi untuk perbaikan dalam pelaksanaan selanjutnya.

"Menghadapi Era Digital ini, kita perlu keseriusan dalam menetapkan program. Untuk menciptakan generasi muda yang beriman dan bertaqwa serta menguasai teknologi digital. Juga diperlukan pembinaan dan bimbingan terhadap guru-guru MDA/TPA secara berkesinambungan" jelas Wali Bakhri.

Menurutnya, telah sama-sama diketahui, Kecamatan Ulakan Tapakis adalah pusat syiarnya agama Islam di Kabupaten Padang Pariaman, bahkan di Sumatera Barat. 

"Pun tidak dapat dipungkiri dan sangat kental budaya Islamnya ditengah masyarakat dan banyak melahirkan kader santri, ulama dan hafiz Qur'an. Sehingga dalam setiap ajang Musabaqoh Tilawatil Qur'an (MTQ) Tingkat Kabupaten, selalu putra putri dari Ulakan Tapakis yang menjadi kafilah di kecamatan lain" umgkap Bakhri. 

Menyikapi hal itu, Pemerintah Kecamatan melalui KUA telah membentuk Pondok Tahfiz Al-Qur'an Kecamatan Ulakan Tapakis yang berada di Mesjid Nurul Iman Korong Rawang Nagari Tapakis.

Aktifitas pondok dibawah asuhan diketuai Ustadz Dahlan, S.PdI  berlangsung setiap hari Minggu dengan mendidik anak asuh Pondok atau murid-murid MDA/TPA yang memiliki potensi dari tiap-tiap Nagari.

Kemudian kemampuan mereka dilatih dan dikembangkan, diharapkan mereka  dapat menjadi Hafizh dan Hafizah yang handal dan profesional serta dapat mengharumkan nama daerah nantinya. 

Pelaksanaan Bimtek dengan Narasumber Amiruddin bersama Dahlan dari LPTQ Padang Pariaman yang berasal dari Guru MDA, TPA, TPSA dan Pondok Tahfiz Qur'an ini diikuti oleh 20 orang. Kegiatan dilaksanakan selama tiga hari mulai tanggal 16 s.d. 18 September 2020 dimulai pukul 08.00 - 15.00 wib.

Kegiatan pembukaan ini dihadiri Kasi Trantib Kecamatan Anesa Satria, para Wali Korong, Ninik Mamak dan Cadiak Pandai Nagari Padag Toboh Ulakan. (saco)