Distribusi Material Jalan TMMD Reguler Brebes Juga Ada Tantangannya -->

IKLAN-TANAH

iklan halaman depan

Distribusi Material Jalan TMMD Reguler Brebes Juga Ada Tantangannya

Senin, 28 September 2020


Brebes, fajarsumbar.com - Pekerjaan pembangunan infrastruktur berupa jalan antar pedukuhan di Desa Kalinusu, Kecamatan Bumiayu, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, melalui program TMMD Reguler 109 Kodim 0713 Brebes, tak semuanya mulus di medan datar.

Tampak anggota Satgas TMMD dan warga setempat, melaksanakan dropping material batu belah untuk pembangunan talud di kanan-kiri jalan TMMD, di titik turunan jalan yang berada 50 meter dari titik akhir jalan TMMD 2,2 kilometer lebar 4-6 meter. Senin (28/9/2020).

Serda Misyono, operator molen yang merupakan anggota Tim Teknisi Bangunan Kodim Brebes menjelaskan, tantangan yang dihadapi itu bukan signifikan melainkan hanya penghambat yang sifatnya kecil.

Di lokasi pembangunan talud terberat justru saat lokasinya berada di tengah-tengah jalan TMMD, yaitu menjauh dari perkampungan penduduk sehingga kesulitan sumber air.

“Untuk kondisi jalan sudah dapat dilalui kendaraan roda empat pengangkut material, karena plat duiker ketiga telah jadi. Hanya saja cukup menantang jika hujan turun karena jalan tanah itu masih labil jika kendaraan menggangkut beban terlalu berat,” bebernya.

Namun walaupun begitu, pasokan material tidak boleh terlambat sehingga saat jalanan becek dan armada pengangkut tidak sampai ke titik pembangunan talud, maka material di langsir menggunakan gerobak sorong.

“Untuk menyiasati medan, untuk dropping material saat jalan masih lembek setelah hujan, mobil bak terbuka yang digunakan walaupun agak memakan waktu yang lebih lama jika dibandingkan dengan truk,” imbuhnya. (Rus/Aan/Red)