Dua Komisioner dan Dua Staf KPU Agam Positif Covid-19, 50 Orang Kembali Test Swab -->

IKLAN-TANAH

iklan halaman depan

Dua Komisioner dan Dua Staf KPU Agam Positif Covid-19, 50 Orang Kembali Test Swab

Kamis, 17 September 2020
Suasana pengambilan sampel cairan tenggorokan di KPU Agam.


Lubuk Basung, fajarsumbar.com
- Petugas Laboratorium Dinas Kesehatan (Dinkes) Agam kembali melakukan pengambilan sampel cairan tenggorokan atau uji swap terhadap 50 orang yang diduga ikut pada kegiatan tahapan di Komisi pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Agam


Pengambilan sampel cairan tenggorokan dilakukan di kantor KPU setempat, Rabu (16/9) sore, oleh petugas laboratorium Dinas Kesehatan (Dinkes) Agam. 


"Ini kita dilakukan setelah adanya laporan bahwasanya 4 orang di KPU dinyatakan positif terpapar covid-19" kata Ketua KPU Agam, Riko Antoni di Lubuk Basung, Kamis (17/9/2020).


Empat orang dari KPU itu dua  orang komisioner dan dua orang staf KPU Agam positif Covid-19.


Sementara 50 orang yang diambil swapnya pada hari ini merupakan komisioner KPU dua orang, sekretaris satu, Kasubag tiga orang, staf 25 orang.


Ditambah anggota pengamanan lima orang, staf Bawaslu Agam tiga pegawai magang satu orang, keluarga komisioner dan staf yang positif 10 orang.


"Kesemuanya itu kontak dengan komisioner dan staf yang terkonfirmasi positif," jelasnya


Untuk hasilnya menunggu, hasilnya telah dibawa oleh Dinkes Agam ke Laboratorium Diagnostik dan Riset Terpadu Penyakit Infeksi Fakultas Kedokteran Universitas Andalas Padang.


Untuk saat ini komisioner serta staf yang positif telah dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Lubuk Basung.


"Mereka  merupakan orang tanpa gejala yang melakukan tes swap pasca dua calon bupati dinyatakan positif setelah mendaftar di KPU setempat, Minggu (6/9)," jelasnya.


Walaupun dalam kondisi covid-19 tahapan Pilkada tetap berjalan sesuai dengan PKPU Nomor 6 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati dan atau Walikota dan Wakil Walikota Serentak Lanjutan Dalam Kondisi Bencana Non Alam Covid-19.


Kepala Pelaksana BPBD Agam, Muhammad Lutfi Ar menambahkan pihaknya menurunkan tim untuk menyemprotkan cairan disinfektan di kantor KPU, Bawaslu, kontrakan komisoner Bawaslu, rumah komisioner KPU dan lainnya.


"Hal ini kami lakukan untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19 ke orang lain," katanya. (Yanto)