Gusmal Harap Pemprov Sumbar Terapkan Juga SUBP di Tingkat SMA -->

IKLAN-TANAH

iklan halaman depan

Gusmal Harap Pemprov Sumbar Terapkan Juga SUBP di Tingkat SMA

Senin, 14 September 2020
Bupati Solok H. Gusmal, SE. MM dalam orasi ilmiah diacara Natalies STA-SNI, didampingi oleh Asisten Koor Ekbangkesra Medison, Kabag Humas Syofiar Syam, Kabag KSD Devi Pribadi dan Kabag Kesra Ahpi Gusta Tusri

Solok, fajarsumbar.com - Di Sumbar (khususnya Solok Raya), mestilah memiliki dan mengembangkan pendidikan agama Islam di berbagai jenjang pendidikan.

Pendidikan Agama Islam hendaknya tidak berhenti hanya pada tingkat surau, MDA, sekolah dasar atau sekolah menengah saja, namun hendaknya juga sampai pada tingkat perguruan tinggi.

Harapan tersebut disampaikan Bupati Solok H.Gusmal, SE.MM dalam orasi ilmiahnya saat orang nomor satu di Kabupaten Solok tersebut diundang hadir pada acara natalies sekolah tinggi agama Islam Solok Nan Indah (STAI-SNI) ke-23 tahun 2020 secara virtual, Senin (14/9/2020) di Guest House Arosuka.

Gusmal mengatakan, sejauh ini pemerintah daerah Kab. Solok sudah memulainya, yaitu dengan membuat program sekolah umum berbasis pesantren (SD dan SMP).

Gusmal berharap, agar pemerintah provinsi juga menerapkan program Sekolah Umum Brtbasis Pesantren (SUBP) tersebut, di tingkat SMA se-Sumatera Barat.

Di Natalies STAI-SNI ke-23 tahun itu bupati berpesan, agar semua pihak kembali memajukan kampus di daerah (STAI SNI), sebab sejarah yang ada di wilayah Sumbar itu sendiri, karena sejak dahulu Sumbar adalah daerah yang selalu menghasilkan tokoh-tokoh nasional yang memperjuangkan serta mengisi kemerdekaan RI.

Menurut Gusmal, pemerintah daerah yang selalu bersinergi dengan tokoh perantau, (khususnya perantau S3) akan terus mendorong pengembangan sektor pendidikan umum dan pendidikan islam di daerah.

Gusmal yakinkan, dengan sinergitas tersebut nantinya daerah dapat melahirkan generasi emas yang berkarakter, berkepribadian baik dan berbekal ilmu pengetahuan yang cukup.(nr)