Inilah Berbagai Sasaran TMMD Reguler 109 Brebes di Desa Kalinusu Bumiayu -->

IKLAN-TANAH

iklan halaman depan

Inilah Berbagai Sasaran TMMD Reguler 109 Brebes di Desa Kalinusu Bumiayu

Senin, 14 September 2020


Brebes, fajarsumbar.com - Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler ke-109 tahun 2020, akan segera diresmikan tanggal 21 September mendatang, dengan sasaran utamanya adalah membangun infrastruktur umum masyarakat satu dusun yang terisolasi di Desa Kalinusu, Kecamatan Bumiayu, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah (Dusun Kedung Kandri), berupa jalan sepanjang 1,6 kilometer lebar 4-6 meter, sesuai RAB dari Pemkab.


Namun kenyataannya volume yang akan dikerjakan mencapai kurang lebih 2,2 kilometer dalam waktu pelaksanaan TMMD yang hanya 30 hari. Guna mengantisipasi over volume itu, maka pekerjaan pendahuluan berupa Pra TMMD mulai dilakukan pihak Kodim 0713 Brebes bersama warga masyarakat Desa Kalinusu yang digilir setiap harinya per RT/RW dan per dusun.


Dijelaskan Dandim Brebes melalui Pasiter, Kapten Arhanud Nediono, Pra TMMD sudah dimulai sejak 15 Agustus 2020 lalu, dengan pembukaan jalan setapak menggunakan alat berat.


“Untuk pembukaan jalan sudah dimulai sejak pertengahan Agustus 2020 lalu, dengan menerjunkan 1 unit excavator milik Kodim untuk membuka jalan setapak dari Dukuh Karanganyar menuju Dukuh Karang Kandri,” bebernya, Senin (14/9/2020).


Dijelaskannya tentang anggaran yang digelontorkan untuk pembangunan fisik, yakni Rp. 900 juta yang berasal dari APBD Kabupaten dan Rp. 195 juta dari APBD Provinsi Jateng. Sedangkan anggaran senilai Rp. 339,3 juta yang berasal dari Mabes TNI, akan digunakan untuk operasional SSK (Satuan Setingkat Kompi) Satgas TMMD Reguler yang berasal dari gabungan berbagai kesatuan TNI, serta sejumlah personel dari Polres dan Pemkab Brebes, yang akan resmi bertugas mulai 21 September 2020 mendatang.


“Selain membangun sasaran fisik berupa jalan dan sarana pendukungnya, TMMD Reguler akan membangun sasaran non fisik, yaitu berupa penyuluhan, sosialisasi, dan pelatihan yang akan diisi oleh masing-masing OPD terkait, dari Kodim dan Polres Brebes, untuk meningkatkan SDM masyarakat setempat,” imbuhnya.


Lanjut Pasiter, dengan berbagai rencana pembangunan yang sedang dan akan dikerjakan itu, pihak Kodim berharap akan dapat merubah wajah Desa Kalinusu menjadi desa yang lebih maju dan sejahtera.


Untuk diketahui, sarana penunjang jalan yang sedang dikerjakan meliputi pembuatan talud di kanan kiri jalan sepanjang 2.750 meter setinggi 0,5 - 1,5 meter, pembuatan 3 unit plat deker, dan 1 unit gorong-gorong sepanjang 4 meter dengan lebar 1 meter. (Aan/Red)