Kasus Covid 19 Melonjak, BIM Perketat Pintu Masuk dan Sediakan Tes Swab Gratis -->

IKLAN-TANAH

iklan halaman depan

Kasus Covid 19 Melonjak, BIM Perketat Pintu Masuk dan Sediakan Tes Swab Gratis

Rabu, 02 September 2020
(Bandara Internasional Minangkabau)

Padang, fajarsumbar.com - Akibat lonjakan kasus Covid-19 di Sumatera Barat, pintu masuk di Bandara Internasional Minangkabau (BIM) diperketat. 

Bagi pendatang yang masuk harus mengikuti protokol kesehatan yang ketat dan disediakan tes swab gratis di bandara. 

"Kita perketat protokol kesehatan di BIM. Ini ada kaitannya dengan peningkatan kasus baru Covid-19 di Sumbar," kata Executive General Manager PT Angkasa Pura II Cabang BIM Yos Suwagiono, Selasa (1/9/2020). 

Yos mengatakan, tes swab gratis dilakukan di BIM bekerja sama dengan Tim Gugus Tugas Covid-19 Sumbar. Setiap penumpang yang datang dan belum melakukan tes swab, kata Yos, diminta melakukan tes swab. 

"Ada petugas kesehatan yang ditempatkan untuk melakukan tes swab gratis," kata Yos. Yos menjelaskan, dalam satu bulan belakangan, pengunjung yang masuk ke Sumbar melalui BIM sekitar 1.000-1.500 orang per hari sebagaimana dikutip pada kompas.com.

Jumlah ini meningkat sejak sebelum pemberlakuan new normal di Sumbar setelah Lebaran 2020 lalu. "Ada sekitar 1.000 sampai 1.500 per hari yang masuk ke Sumbar melalui BIM. Ini yang kita awasi secara ketat dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat," kata Yos. 

Sebelumnya diberitakan, lonjakan kasus positif Covid-19 kembali terjadi di Sumatera Barat. Sebanyak 89 kasus baru positif ditemukan Senin (31/8/2020) dan ini merupakan rekor baru penemuan kasus baru dalam satu hari. 

Sebelumnya, Rabu (26/8/2020) ditemukan 87 kasus baru yang merupakan rekor sebelumnya. "Kemarin ditemukan 89 kasus baru dan ini adalah rekor baru dalam satu hari," kata Juru Bicara Tim Gugus Tugas Covid-19 Sumbar Jasman Rizal, Selasa (1/9/2020). 

Jasman mengatakan, akibat penambahan kasus baru itu, positivy rate di Sumbar terus naik. Sampai kemarin sudah diperiksa 99.860 sampel swab dengan total kasus 2.156 kasus positif Covid-19. "Saat ini positivy rate Sumbar adalah 2,16 persen," jelas Jasman. (*)