One Village One Product Sangir Balai Janggo Mendapat Perhatian dari PKK Kabupaten -->

IKLAN-TANAH

iklan halaman depan

One Village One Product Sangir Balai Janggo Mendapat Perhatian dari PKK Kabupaten

Selasa, 01 September 2020
Pembukaan kegiatan Diklat PKK Nagari Sungai Kunyit Barat, Senin (31/8) di aula kantor camat.

Solsel, fajarsumbar.com - Program jangka menengah peningkatan ekonomi kreatif  Kecamatan Sangir Balai Janggo tentang One Village One Product mendapat dukungan dan apresiasi dari Ketua TP PKK Solok Selatan Ny. Ayu Abdul Rahman.

Ny Ayu Abdul Rahman mengatakan bahwa sesuai dengan aturan pemerintah pusat tentang penggunaan dana desa sudah harus ada keseimbangan antara pembangunan fisik dengan non fisik (pembedayaan).

Apresiasi Sungai Kunyit Barat sudah memulainya sejak beberapa tahun terakhir dengan melibatkan PKK, seperti  diklat menjahit, diklat kelompok dasa wisma dan sekarang diklat adm PKK dan 10 Program Pokok PKK.

Camat Sangir Balai Janggo Muslim mengatakan. Nagari Sungai Kunyit Barat adalah nagari binaan Biro Pembangunan dan rantau provinsi Sumatera Barat sejak tahun 2018 sampai sekarang dengan program binaan Desa Kuliner dengan icon Goa Batu Kapal (GBK).

Seiring dengan itu Pemerintah Nagari Sungai Kunyit Barat melalui Bursa Inovasi Desa telah mendorong kegiatan desa binaan tersebut dengan program nangka mini (pengadaan Dana Desa) tahun 2019, dan sekarang alhamdulillah sudah berputik.

Program Nangka Mini adalah setiap rumah warga dikasih 2 batang bibit nangka, dengan maksud 1 batang  dipetik muda untuk disayur dan 1 batang lagi dipetik matang untuk bahan kuliner.

Alhamdulillah, baru umur 10 bulan nangka mini tsb sudah berputik, tidak berapa lama lagi akan berbuah dan bisa dijadikan bahan kuliner, bahan makanan ringan serta siap untuk dijual di Goa Batu Kapal sebagai oleh-oleh wisatawan. Toh kios/lapak-lapaknya sudah dibangun Kementrian Koperasi dan Perdagangan pada tahun lalu. (Abg)