Pasca TMMD Reguler Brebes Berharap Ada Program Lanjutan -->

IKLAN-TANAH

iklan halaman depan

Pasca TMMD Reguler Brebes Berharap Ada Program Lanjutan

Selasa, 15 September 2020

 


Brebes, fajarsumbar.com - Pelaksanaannya TMMD  Reguler ke-109 Kodim 0713 Brebes di Desa Kalinusu, Kecamatan Bumiayu, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, memang baru secara resmi akan dibuka 21 September 2020 nanti, namun sejumlah warga setempat sudah berpikir satu langkah ke depan, yakni pembangunan jalan lanjutan dari jalan TMMD, menuju menuju salah satu dusun yang juga terisolasi dengan 12 Dusun lainnya di Desa Kalinusu, yakni Dusun Maribaya.


Seperti yang dikemukakan Kadus 3 Kalinusu, Ny. Soilah (52), warga Dusun Petahanan, RT. 04 RW. 05, Kalinusu ini, bahwa pembangunan akses berupa pembukaan jalan setapak dari Dusun Krajan Timur menuju Dusun Maribaya, jelas akan mendekatkan pelayanan pihak desa bagi 150 KK di Maribaya.


“Selain bermanfaat bagi warga Dukuh Maribaya sebagai akses mendapatkan pelayanan terdekat ke Desa Kalinusu berupa pendidikan dan kesehatan, koneksi ke Maribaya juga akan bermanfaat bagi warga dusun-dusun lainnya di Kalinusu untuk meningkatkan perekonomian di sektor pariwisata, yaitu Eduwisata Kandang Pelangi (penggembalaan sapi Jabres) dan agrowisata pertanian terpadu Maribaya,” terangnya, Senin (14/9/2020).


Sementara menurutnya, bagi warga Dukuh Kedung Kadri, dengan mulai dibangunnya jalan melalui Pra TMMD Reguler saat ini, kelak akses sepanjang 2,2 kilometer lebar 4-6 meter itu akan menjadi pendekat 100 KK menuju balai desa dan Polindes.


“Ini benar benar melegakan bagi warga Dukuh Kedung Kandri yang selama ini harus menyeberang Kali Pemali dengan rakit, kemudian memutar melewati sejumlah desa di wilayah Kecamatan Bantarkawung dan Kecamatan Bumiayu, sebelum sampai ke desanya,” tandasnya mengapresiasi upaya Pemkab dan TNI Kodim Brebes. (Aan/Red)