Terowongan Kaca Bakal Mempercantik Kebun Binatang Bukittinggi -->

IKLAN-TANAH

iklan halaman depan

Terowongan Kaca Bakal Mempercantik Kebun Binatang Bukittinggi

Senin, 28 September 2020

Kepala TMSBK Bukittinggi, Ikbal Bahal 


Bukittinggi fajarsumbar.com -  Kebun Binatang atau Taman Marga Satwa Budaya Kinantan (TMSBK) Bukittinggi bakal dihias sedemikian rupa untuk menarik wisatawan agar betah berlama-lama di sana.


Setelah membangun Aviary (kandang burung) dengan berbagam macam burung langka dan menarik, kini di Kebun Binatang itu Pemko Bukittinggi juga sedang membangun terowongan kaca.


Terowongan kaca yang melewati kandang harimau itu bakal dibuka untuk umum yang direncanakan tahun baru 2021. "Insya Allah terowongan kaca yang melewati kandang harimau akan dibuka untuk umum pada tahun baru 2021," jelas Kepala TMSBK Bukittinggi, Ikbal Bahal kepada fajarsumbar.com di Bukittinggi, Senin (28/9/2020).


Menurut dia, sebelumnya Pemko Bukittinggi membangun Aviary terbesar di Indonesia, sehingga berbagai jenis unggas bisa terbang bebas di dalam seperti pada habitatnya sendiri.


Sekarang yang masih dalam pengerjaan tahap kedua, adalah kandang, binatang carnivora, harimau, singa, harimau benggala dan kucing besar.


Sebelum direnovasi, binatang cornivora ini hidup seperti terkekang yang membuat binatang ini mengalami stres.


Namun sekarang melihat harimau sumatera, harimau benggala, singa dan kucing besar, penonton hanya dibatasi dengan kaca bening setebal 2.5 cm.


Kandang binatang ini, didesaign sedemikian rupa menyerupai kehidupan seakan-akan diabitat aslinya yang membuat kenyamanan bagi binatang buas ini.


"Kandang binatang carbivora ini dan terowongan kaca,  direncanakan selesai Bulan Desember 2020 sebelum tahun baru 2021," ungkapnya.


Lebih lanjut kata Ikbal, pada tahun 2020, juga disiapkan renovasi kandang reptil. Suasananya dibuat seperti diabitat ular itu sendiri, pengunjung juga memasuki gua batu tempat tinggal ular-ular dan binatang lainnya.


Selasai memasuki kandang burung Aviary, gua  reptil, pengunjung akan digiring masuk terowongan kaca ke kandang harimau sumatera, harimau benggala, singa dan kucing besar.


Pengunjung berjalan satu arah sehingga tidak terjadi penumpukan massa dan  bergerombol.


Selanjutnya, pengunjung dapat mendatangi Benteng Fort de Kock, disitu dapat beristirahat di bawah pohon yang rindang angin sepoi-sepoi menikmati pemandangan Gunung Singgalang dan Bukit Barisan dengan hiburan musik di pentas terbuka.


Ikbal mengingatkan kepada wisatawan, sebelum memasuki kawasan objek wisata Kebun Binatang, pastikan pengunjung telah memakai masker.


"Kita menerapkan protokol kesehatan Covid-19, selalu pakai masker, rajin cuci tangan dan jaga jarak, jangan membuka masker," tambahnya.


Karena patugas Kebun Binatang setaiap saat melakukan patroli di dalam lokasi. "Kami berharap datang ke Kebun Binatang sehat, pulang juga sehat selamat sampai ke tujuan kembali," ujarnya. (gus)