Tim Kesehatan Satgas TMMD Reguler Brebes Cek Kesehatan Berkala -->

IKLAN-TANAH

iklan halaman depan

Tim Kesehatan Satgas TMMD Reguler Brebes Cek Kesehatan Berkala

Senin, 28 September 2020


Brebes, fajarsumbar.com - Tim Kesehatan Denkesyah 04.04.01 Purwokerto dari Klinik Pratama Kartika 13 Brebes, melakukan pemeriksaan kesehatan secara berkala kepada anggota Satgas TMMD Reguler 109 Kodim 0713 Brebes, di tempat pemusatan tinggal mereka, di tenda-tenda pleton yang didirikan di Lapangan Sepakbola Desa Kalinusu, Kecamatan Bumiayu, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah.

Tampak Kopka Diliyanto, Amd.Kep, anggota Tim Kesehatan Satgas TMMD Reguler 109 Brebes, sedang melakukan pengukuran tekanan darah (tensi) dan nadi, kepada salah seorang anggota Satgas TMMD. Senin (28/9/2020).

Dijelaskan Sertu Heryanto, Ketua Tim Kesehatan Satgas TMMD Reguler 109 Brebes, tugas utama mereka adalah membackup kesehatan dari ratusan anggota TNI dari berbagai kesatuan yang tergabung dalam Satgas TMMD, termasuk belasan anggota Polri Satgas TMMD.

“Tugas utama kami itu, namun tugas tambahan adalah melayani keluhan sakit ringan dari masyarakat setempat atau umum,” ujarnya.

Dijelaskannya lanjut, Pemeriksaan Kesehatan (Rikkes) berkala itu dilakukan karena Satgas TMMD Reguler sudah satu pekan bekerja di sasaran TMMD infrastruktur, sehingga diperkirakan cukup menguras kebugaran fisik.

“Tim kesehatan akan memantau perkembangan kesehatannya Satgas TMMD, terlebih kondisi cuaca saat ini tidak menentu sehingga membuat kondisi fisik rentan terserang penyakit dan memerlukan pencegahan dini,” imbuhnya.

Ditambahkannya, pihaknya juga secara berkala membagikan vitamin, termasuk kepada sejumlah warga setempat yang rutin bekerja membantu TNI.

Bagi yang tensi darahnya rendah, disarankan untuk beristirahat dan tidak memaksakan diri ikut bekerja hanya dengan alasan tidak enak.

“Untuk pengecekan tensi darah kepada warga, selain meraih simpati, juga untuk menghindarkan dari kecelakaan kerja akibat tubuh tidak prima,” pungkasnya.

Keberadaan dan kegiatan yang dilakukan petugas medis tersebut, mendapat apresiasi dari Kepala Desa Kalinusu, Wasid (44), karena TNI telah peduli sampai tingkat kesehatan warganya secara cuma-Cuma. (Aan/Red)