AAI Padang Jadi Pilihan yang Jitu Calon Mahasiswa Melanjutkan Pendidikan -->

IKLAN ATAS

iklan FEED halaman depan

AAI Padang Jadi Pilihan yang Jitu Calon Mahasiswa Melanjutkan Pendidikan

Selasa, 20 Oktober 2020

Direktur AAI Padang Richardo., SP., MM


Padang, fajarsumbar.com Sejak berdiri Akademi Akuntansi Indonesia (AAI) Padang, tahun 1970, telah menjadi pilihan utama bagi masyarakat yang akan melanjutkan pendidikan ke jenjang Diploma III (D3).


Calon mahasiswa itu, tidak hanya berasal dari mayarakat Sumatera saja, tetapi juga berasal dari berbagai propinsi di luar Propinsi Sumatera Barat.


Hal itu dikatakan Direktur AAI Padang Richardo., SP., MM, didampingi Kepala Bagian Humas UNES-AAI Haji Syarifuddin, SE. M.Hum, ketika dihubungi fajarSumbar.com, Selasa (20/10/2020).


Menurutnya, lembaga pendidikan yang pertama kali berdiri di Indonesia, dengan program study akutansi itu, telah menghasilkan alumni D III  program study akutansi hampir mencapai 14.500 orang.


Disaat kejayaan AAI Tahun 1985, dari 90 orang alumni yang menjalani seleksi untuk mengisi formasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di ligkungan Pemerintahan Daerah (Pemda) berhasil lulus 100 persen.


Bahkan ada juga alumni AAI itu, sebelum diwisuda atau masih menjalani pendidikan pada semester 6, telah direkrut oleh perusahaan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) dan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) serta perusahaan swasta lainnya.


Setelah menjalani wisuda, mereka langsung bekerja pada sejumlah perusahaan tersebut.


Terkait program study akutansi yang hanya dimiliki AAI dimasa lalu, bahkan ada juga mahasiswa yang sedang menjalani kuliah di Fakultas Ekonomi Unand, juga turut menjalani kuliah sore di AAI Padang untuk mendapat D III program study akutansi.


Mahasiswa Unand yang kuliah di AAI Padang, hanya khusus untuk mengambil D III program study akutansi, karena di Fakultas Ekonomi Unand, saat itu belum  ada program study akutansi.


"Kondisi tidak terlepas dari komitmen AAI sebagai lembaga pendidikan yang dinamis, progresif untuk menghasilkan lulusan yang berkualitas dan siap bekerja secara profesional di bidang akuntansi," ungkapnya.


Menyikapi kemajuan yang pernah diraih AAI di era masa lalu itu, yayasan, pimpinan bersama dosen dan karyawan AAI  mempunyai komitnen untuk terus berupaya meningkatkan pelayanan terhadap mahasiswa, serta meningkatkan kualitas pendidikan ke arah yang lebih baik.


Dengan ada nya kerja sama yang baik, antara Yayasan, pimpinan dengan dosen dan karyawan, dalam kurun 3 tahun belakangan ini, masa ke emasan yang pernah ducapai AAI Padang, antara tahun 1973 dan 1985 itu, saat ini telah mulai terlihat kembali.


Mahasiswa, selain dibekali dengan teori, juga diberi kesempatan untuk menjalani kegiatan praktek melalui labor akutansi, kegiatan magang di Kantor Pemda, BUMD, BUMN, sedangkan Pratek Kerja Lapangan (PKL) pada perusahaan dan di perbankan.


Diharapkan, AAI ke depan jelas Richardo, bisa menghasilkan lulusan yang berkualitas, siap bekerja secara profesional di bidang akuntansi serta memiliki komitmen terhadap integritas lembaga pendidikan sebagai wahana pencerdasan.


Tidak cukup dengan itu saja, namun AAI, juga memberi kesempatan bagi lulusan D III program study akutansi untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang Starata I (S1) di Fakultas Ekonomi UNES dan berikan keringanan uang kuliah 50 persen.  


"Kita akan membekali mahasiswa AAI, dengan berbagai kecakapan agar mereka survive, mampu menjalankan fungsinya sebagai warga negara dalam menjalankan profesinya dengan baik," katanya. (Rony Dz)